Berlangsung aman dan tertib, KPU Nunukan sukses selenggarakan debat kandidat

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nunukan sukses menyelenggarkan debat kandidat Bakal Calon Bupati dan wakil Bupati Nunukan. Minggu (22/11).

Depat yang berlangsung di Gedung Olah Raga Sei Sembilan kelurahan Salisun berjalan aman tertib atas dukungan semua pihak utamanya dari Pihak Kepolisin TNI dan aparat keamanan lainya yang berlangsung

Menurut Ketua KPU Nunukan Rahman SP, debat publik atau debat antar pasangan calon itu merupakan bentuk kampanye yang difasilitasi oleh KPU.

Jadi kalau dalam regulasi kita itu debat kampanye terbuka publik itu sebanyak 3 kali sebenarnya tapi karena kondisi tertentu.

Maka untuk di Kabupaten Nunukan debat publik itu hanya dilaksanakan 1 kali yaitu pada tanggal 22 november yang dilakukan di Gedung Olah Raga Sungai sembilan tadi malam.

Kurang lebih 2 jam debat berlangsung dengan moderator sekaligus perumus dari materi debat adalah seorang dosen dari fisipol UGM Yogyakarta Profesor Doktor Abdul Gaffar yang sering diundang oleh sejumlah Kementrian dalam memberikan pemaparan materi.

Ketua KPU Nunukan Rahman SP saat diwawancarai wartawan mitrapol.com

Lanjud Rahman SP, kita harus bersyukur kepada Allah SWT, alhamdulillah satu hari sebelum pelaksanaan debat moderator ini tiba di Nunukan dan sekaligus KPU mempertemukan dengan paslon yaitu pasangan Nomor Urut : 01. Hj. Asmin Laura Hafid SE.,MM – H. Hanafia. SE. dan pasangan Calon Nomor Urut : 02. H. Dani Iskndar di kantor KPU.

Di dalam debat itu ada 6 segmen dan berhasil dituntaskan dengan baik oleh para calon pada prinsipnya debat kemarin berjalan dengan lancar tanpa ada kendala, ujar Rahman

Lanjud Rahman, kalau tema kita itu,”Nunukan Makmur dan Bermartabat Sebagai Beranda NKRI”,

Ada beberapa item atau materi debat yang memang menjadi pertanyaan karena ini ada kaitannya dengan visi misi atau program Pasangan calon yang terkait dengan kesehatan masalah dengan narkoba dan masalah pemerintahan yang bersih (Goverment) banyak lagi sektor-sektor lain seperti pertanian, air bersih, pertambangan, Sektor Perikanan Rumput Laut dan termasuk daerah perbatasan Kabupaten dan lokal itu hal yang menjadi materi debat yang memang banyak di ditanya oleh moderator kepada pasangan calon.

Kalau pertanyaan antara satu pasangan calon yang lain itu masuk di segmen atau masuk di bagian kelima bagian yang artinya tanya jawab antar paslon itu kalau saya melihat kemarin masing-masing paslon itu memiliki kesempatan 2 kali bertanya.

Dari masing-masing memberikan segmen yang ke-5 itu sama-sama memiliki avusiamusi yang bagus, Insyak Allah kalau kelak mereka terpilih dan menjadi pilihan masyarakat maka itu yang diprogramkan dan dilaksanakan, pungkas Rahman mantan Panwas Kabupaten Nunukan.

 

 

Pewarta : Yuspal

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *