Rapat Paripurna persetujuan bersama DPRD dan Gubernur tentang Ranperda APBD T.A 2021

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Makassar Sulsel – Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Prov.Sulsel mengadakan Rapat Paripurna bersama dengan Gubernur Sulsel, Jum’at (27/11) di ruang rapat paripurna DPRD, Jl. Urip Sumoharjo Makassar.

Seperti Biasanya Rapat paripurna dibuka Langsung Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, dan sambutan Gubernur Susel H.M Nurdin Abdullah tentang persetujuan bersama dengan DPRD tentang Ranperda APBD 20121.

Kemudian Dewan menyampaikan hasil pembahasan tersebut melalui (Banggar) Badan Anggaran, yaitu :

Program prioritas pembangunan Tahun 2021 harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah dengan tetap memperhatikan program prioritas dan strategis Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan serta program sinergitas yang ada pada revisi RPJMD tahun 2018-2023, dan menyesuaikan pagu anggaran terhadap masing-masing OPD.
Bantuan Keuangan kepada Kab/Kota TA 2021 yang sifatnya strategis seperti membuka jaringan daerah yang terisolasi dan konektivitas antar daerah serta pengembangan destinasi wisata masih menjadi prioritas.

Terkait dengan Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) perlu penyegaran dengan merekrut orang-orang yang punya keahlian yang dibutuhkan dalam konteks pembangunan Sulawesi Selatan, dan tugasnya cukup memberi pertimbangan dan saran kepada Gubernur dan tidak mengurusi hal-hal teknis.

Adanya kepala OPD yang tidak hadir dan mengabaikan pembahasan APBD TA 2021, sehingga menjadi perhatian Bapak Gubernur terhadap OPD tersebut.

Data-data terkait angka-angka dalam pembahasan di Komisi diharapkan agar TAPD lebih cermat memperhatikan koneksitasnya dengan OPD, sehingga kolaborasi sinergitas kegiatan betul-betul terorganisir dan berjalan secara baik.

Hasil rapat kerja Komisi-Komisi dan segala keputusan akhir pada Rapat Finalisasi dan penetapan RAPBD TA 2021 Badan Anggaran dengan TAPD sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam Laporan pendapat akhir Badan Anggaran terhadap Hasil Pembahasan Ranperda tentang APBD Prov. Sulsel TA 2021.

Diharapkan pemanfaatan dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan agar implementasi kebijakan keuangan daerah dapat menyentuh kehidupan masyarakat kecil yang terdampak Covid-19, guna menghidupkan stimulus ekonomi masyarakat.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan agar segera menyelesaikan pembangunan masjid 99 kubah di kawasan CPI dan Stadion Barombong sehingga tidak terkesan menjadi bangunan Mangkrak, sehingga kedua bangunan yang menelan APBD cukup besar tersebut dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Perlu kejelasan terhadap pemanfaatan Aset rencana pembangunan Twin Tower di daerah Central Point Of Indonesia (CPI), apakah Aset tersebut merupakan bagian yang dipisahkan dan dikelola Perseroan daerah (PERSERODA) karena penting untuk diketahui DPRD sebagai bagian dari tugas pengawasan.

Dukungan terhadap anggaran pembangunan stadion Mattoanging butuh kejelasan nilai pasti kebutuhan anggarannya sehingga tidak berulang-ulang dalam pengalokasiannya.
Hasil persetujuan bersama Ranperda tentang APBD TA 2021 segera disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri untuk dievaluasi sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Disarankan setelah diterimanya hasil Evaluasi dari Kementerian Dalam Negeri dilakukan Rapat Kerja Badan Anggaran untuk merevisi RKA-OPD dengan tetap memperhatikan Saran dan pendapat yang berkembang dalam Rapat Komisi-Komisi dan rapat Kerja Badan Anggaran yang diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara persetujuan bersama antara Badan Anggaran dengan TAPD sebelum dituangkan dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran.
Segala bentuk hasil rapat kerja Komisi-Komisi baik berupa saran, pendapat, dan rekomendasi yang merupakan lampiran adalah bagian yang tidak terpisahkan dari laporan pendapat akhir Badan Anggaran.
Nota Kesepakatan dan Ranperda tentang APBD TA 2021 dapat disetujui setelah mendengarkan kata akhir dari masing-masing Fraksi Dewan.

Demikianlah Laporan dan penjelasan Pendapat Akhir Badan Anggaran DPRD Provinsi Sulawesi Selatan terkait Nota Keuangan dan Ranperda tentang APBD TA 2021.

 

 

Pewarta : Ali Ghugunk

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *