Bhabinkamtibmas Desa Mentawak Kompak Bersama TNI dan Karang Taruna

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Beltim – Bhabinkamtibmas adalah Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Bhabinkamtibmas memang dituntut untuk selalu ada dan hadir ditengah-tengah warga Desa binaan nya.

Bhabinkamtibmas adalah pengemban Polmas ( Polisi Masyarakat ) di Desa atau Kelurahan, dan Bhabinkamtibmas mempunyai fungsi sebagai berikut ; Melaksankan kunjungan / sambang kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaian nya bahkan memelihara hubungan silaturahmi/persaudaraan, Membimbing dan memberikan penyuluhan dibidang Hukum serta Kamtibmas untuk meningkatkan Kesadaran Hukum serta Kamtibmas dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM).

 

Menyebarluaskan informasi tentang kebijakan Pimpinan Polri yang berkaitan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas ), mendorong pelaksanaan siskamling dalam pengamanan lingkungan serta kegiatan masyarakat, memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat yang memerlukan, menggerakkan kegiatan masyarakat yang bersifat positif, mengkoordinasikan upaya pembinaan kamtibmas dengan perangkat desa/kelurahan serta pihak-pihak terkait lainnya, melaksanakan konsultasi, mediasi ,negosiasi, dan fasilitasi dan motivasi kepada masyarakat dalam harkamtibmas dan pemecahan masalah kejahatan maupun sosial.

Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Belitung Timur dituntut untuk terus memberikan pembinaan kepada warga Desa binaan. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang Bhabinkamtibmas, mulai dari memberikan himbauan terkait aturan hukum agar warga Desa binaan paham dan mengerti, membantu warga yang membutuhkan sampai dengan mengajak warga bergotong royong membersihkan fasilitas umum yang ada di Desa.

Seperti yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas Desa Mentawak (Polsek Kelapa Kampit), Bripka Habibi yang bersinergi dengan TNI dan karang taruna Desa Mentawak. Membersihkan fasilitas tempat pemakaman umum (TPU) yang terletak di Dsn Nibong Punggur Desa Mentawak. Setelah melakukan rapat Desa, dengan pertimbangan karena kondisi pepohonan sudah tampak terlalu rimbun dan sampah daun sudah terlihat cukup banyak. Dengan melaksanakan gotong royong, TPU terlihat sudah lebih bersih dan rapi.

Di sela-sela istirahat kegiatan, Bhabinkamtibmas bersama TNI juga menghimbau kepada karang taruna dan warga yang turut membantu untuk secara bersama kita dukung kebijakan dan arahan Pemerintah terkait percepatan penanganan covid-19. Kita ketahui Pemerintah sudah mengeluarkan himbauan dan anjuran tentang protokol kesehatan, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dengan jumlah massa yang banyak dan menerapkan pola hidup sehat, (Sabtu, 29/11/2020).

Selanjutnya, kita harus saling peduli dengan kesehatan bersama. Ketika kita keluar dari rumah untuk melaksanakan aktivitas, gunakanlah masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas. Jangan menyentuh area wajah sebelum kita mencuci tangan, karena kita tidak tau dimana virus covid-19 tersebut menempel saat kita memegang benda disekitar kita. Selama pelaksanaan gotong royong tetap diterapkan protokol kesehatan, pesan Bhabinkamtibmas dan TNI dalam kegiatan kali ini.

 

 

 

Pewarta: SR

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *