Kejari Medan musnahkan BB dari 613 perkara Narkotika

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Medan Sumut – Kejari Medan nusnahkan  sejumlah barang bukti yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde) pada Selasa (1/12/2020) di halaman Kantor Kejari  Medan.

Kajari Medan T. Rahmatsyah dalam sambutannya  mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan, perkaranya telah berkekuatan hukum tetap.

Disebutkan, barang bukti yang dimusnahkan berasal dari 613 perkara narkotika, yakni sabu-sabu sebanyak 1.637,56 gram, ganja 548,32 gram dan ekstasi 245,35 gram.

Selain itu, terdapat sejumlah barang bukti lainnya yang berasal dari 204 perkara pidana keamanan negara dan ketertiban umum (Kamnegtibum) dan Orang dan Harta Benda (Oharda).

Turut dimusnahkan, minuman beralkohol dan rokok (perkara kepabeanan dan cukai), obat-obatan, jamu, kosmetik (perkara terkait BPOM),

Kemudian, koin, kalkulator, buku tulis, dll. (perkara perjudian), pisau, parang (senjata tajam), screenshoot percakapan (perkara ITE), uang palsu; pakaian, celana dalam (perkara perlindungan anak).

Keselurahan barang bukti tersebut dimusnakan dengan cara dihancurkan dan dibakar sampai habis dan tidak dapat dipergunakan lagi, papar Kajari.

Sedangkan barang bukti narkotika jenis sabu-sabu dan pil dimusnakan dengan menggunakan mesin insenerator, dan barang bukti jenis ganja dimusnakan dengan cara dibakar sampai habis. Sebelum dimusnahkan terlebih dahulu dilakukan pengujian oleh Tim Labfor Polri Cabang Medan.

Pemusnahan Barang Bukti,  disaksikan oleh sejumlah undangan yang hadir, diantaranya yaitu Kapolrestabes Medan diwakili oleh Wakasat Reskrim, Ketua Pengadilan Negeri Medan diwakili oleh Panmud Pidana.

Kemudian Koordinator pada Aspidum Kejati Sumut, Kepala BPOM Medan, BNNP Sumatera Utara, Dinas Kesehatan Kota Medan, serta dari Puslabfor Polri Polda Sumut.

Acara juga diikuti oleh seluruh pejabat eselon IV dan V (para Kasi/Kasubbag dan Kasubsi/Kaur) dan Jaksa Fungsional pada Kejaksaan Negeri Medan.

 

 

Pewarta : ZH.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *