Yusmar: IKAPERIK Malut Siap Mengawal Program LIN disebut Kabupaten/Kota

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Maluku Utara – Belum lama ini Komisi IV DPR RI mendukung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk merealisasikan program lumbung ikan nasional (LIN) di Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Pelaksanaan program LIN yang bersumber dari APBN ini rencana pelaksaanya akan dimulai pada tahun 2021.

Hal itu membuat Ketua Umum Ikatan Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (IKAPERIK) Malut, Yusmar Ohorella memberikan apresiasi penuh atas putusan tersebut.

Terkait dengan itu, Yusmar menyampaikan, saat ini Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara, M Buyung Radjiloen akan fokus melakukan kunjungan kerja perdana di Kabupaten Halmahera Timur (Haltim). Disana, Buyung akan fokus di Lima Kecamatan.

“Ini adalah satu langkah maju dalam rangka menyerap aspirasi sekaligus melihat potensi Kelautan dan Perikanan yang ada di wilayah yang dijadikan titik kunjungan kerja,” kata Yusmar.

“langka ini dilakukan dalam rangka menambah referensi bagi DKP Maluku Utara untuk penguatan dokumen lumbung ikan nasional,” sambungnya.

IKAPERIK dalam hal ini juga akan mengawal berbagai kebijakan program dan kegiatan yang berkaitan dengan LIN.

“Kami ingatkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan agar tidak hanya Halmahera Timur yang menjadi lokus kunjungan kerja. Akan tetapi Kabupaten lain juga menjadi agenda untuk dilakukan kunjungan kerja. Sehingga, program LIN hasilnya dapat tercapai, terutama dalam mendorong dan meningkatkan pendapatan nelayan lokal kita di Maluku Utara” harap Yusmar.

Disisi lain, IKAPERIK meminta Kepada Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi agar melibatkan perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan stakeholder yang bergerak di bidang yang sama untuk melakukan konsolidasi dengan baik bersama dinas Perikanan yang ada di semua Kabupaten/Kota.

“Jika semuanya dilakukan, maka program Lumbung Ikan Nasional (LIN) yang menjadi tujuan utama akan tercapai. Jika ini tidak dilakukan, maka kami IKAPERIK akan melakukan konsolidasi besar besaran dengan seluruh stake holder untuk melakukan hering sekaligus aksi dikantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Utara,” tegasnya.

 

 

 

Pewarta : Fandi/Tim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *