Kembali dihantam Banjir Desa Bualagor Kecamatan Pagelaran Terendam

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pandeglang – Belakangan ini Hujan yang terus mengguyur bagian wilayah Pandeglang dan sekitarnya, mengakibatkan banjir di dua Kecamatan Pagelaran Dan Patia Kabupaten Pandeglang Banten, Jumat (4/12/2020).

Akibat banjir tersebut berasal dari hujan deras yang berturut – turut dan luapan Kali Cilemer, yang tidak kuat menampung air hujan, yang terus mengguyur bagian Pandeglang, sehingga Desa Sukadame, Baulagor, Idaman, Kampung Surianen dan yang lainya terendan banjir dengan ketinggian 30 samapai 40 cm.

Bagi warga di dua Kecamatan tersebut banjir itu sudah tidak aneh dan kaget lagi, karena banjir itu sudah ada dari jaman nenek moyang, sehingga bagi warga sekitar tersebut banjir itu ada negatip dan ada positipnya, negatipnya membuat tanam padinya dimakan hama keong mas, namun positipnya kotoran dan penyakit padi menghilang hanyut dibawa air banjir ke laut.

Menurut keterangan salah seorang warga Desa Bulagor yang enggan menyebutkan namanya mengatakan,” banjir tersebut datanganya sekitar pukul 00.30 tengah malam, air itu datang secara berlahan – lahan naik ke daratan, sehingga menggenangi persawahan dan sebagian daratan perkampungan di Rt 01 dan 02 Desa Bulagor.

Lanjut ia, banjir di Desa kami ini sudah tidak asing dan kaget karena kampung kami ini memang tempat berlangganan banjir tahunan ketika musim hujan tiba, namun yang kami khawatirkan tanaman padi yang baru saja di tanam bisa membusuk,”cetusnya.

Harapan kami semoga hujan di wilayah pandeglang tidak berturut – turut, karena kampung kami ini di kelilingi beberapa sungai baik sungai kecil maupun besar, diantarnya sungai cilemer yang langsung berhubungan ke laut, juga ada sungai cimoyan, cikaduen, cisata, cijango dan sungai – sungai kecil lainya, itu semua menyalurnya ke cilemer, maka dari itu bagaiamana gak banjir kalau hujan berturut – turut kali cilemer pun gak kuat menampungnya,”imbuhnya.

Di tempat terpisah Kepala Desa Bulagor Enting Jaenudin menambahkan,“Saya menghimbau masyarakat agar tetap waspada karena di kuhatirkan debit air sungai Cilemer dan Cisata yang kerap kali meluap apabila hujan terus mengguyur wilayah pandeglang dan sekitarnya

“Saya terus memantau dan memonitoring situasi terkini terhadap pihak BNPB Kabupaten Pandeglang, agar masyarakat apabila membutuhkan bantuan pemeritah baik dari tingkat Desa maupun pusat,” pungkas Kepala Desa Bulagor.

 

 

Pewarta : Mukhlis

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *