Tanpa Papan Nama, Pembangunan RKB SMK Nusantara Labuhan Ratu Lamtim terindikasi sebuah Proyek Siluman

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Lazimnya setiap proyek harus memasang papan informasi, agar publik mengetahui jenis kegiatan apa yang dikerjakan seperti rekanan yang mengerjakan, besaran anggaran, sumber anggaran dan lain sebagainya.

Namun pengerjaan proyek pembangunan di SMK Nusantara beralamat di Jl.Taman Nasional Way Kambas,Labuhan Ratu Lampung Timur justru sebaliknya. Proyek yang diketahui akan dibangun ruang kelas itu seperti proyek siluman, karena sama sekali tidak memiliki papan informasi dan tidak diketahui asal usulnya.

Pantauan langsung tim media beberapa waktu lalu, Selasa (1/12) sejumlah pekerja sedang melaksanakan pengerjaan. Meski pekerjaan tersebut belum seluruhnya selesai, namun sejumlah pekerja sedang mengerjakan rangkaian besi untuk pengecoran.

Syaifudin,M.Pd selaku Kepala SMK Nusantara yang ditemui dilokasi membenarkan jika sekolah setempat mendapatkan proyek pembangunan RKB ( Ruang Kelas Baru ). Namun, dia tidak mengetahui siapa rekanan maupun jumlah anggarannya.

“ Ya, itu pembangunan RKB (Ruang Kelas Baru). Kami juga tidak tahu nama perusahaannya dan jumlah nilai anggarannya.Pokoknya terima beres.Kalau tidak salah pemborongnya dari Menggala,” ujarnya.

Masih dikatakannya, sejak awal pembangunan belum ada pemberitahuan secara tertulis kepada pihak sekolah. Ia juga tidak mengetahui jika belum terpasang papan informasi.

“Kalau surat tembusan secara tertulis dari pihak rekanan/pemborong belum ada.Mengenai papan informasi saya juga tidak tau,kalau itu wajib nanti akan saya tanyakan kepada pihak pemborong,” ungkapnya.

Seharusnya setiap proyek pemerintah dan dana bersumber dari anggaran negara,wajib memasang papan informasi. Jika tidak dipatuhi,ini merupakan sebuah ‘pelanggaran’ karena tidak sesuai dengan amanat Undang-Undang dan Peraturan lainnya.

Selain itu, Undang-Undang (UU) nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Perlu diketahui,sesuai data online LPSE Provinsi Lampung, nilai anggaran dalam pembangunan SMK Nusantara Labuhan Ratu Lampung Timur senilai Rp.998.520.000 dari APBD tahun 2020 dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung.

Kedepan tim media akan meminta tanggapan dari LSM Lampung Timur terkait pembangunan tersebut.

 

 

TIM

Loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *