Pokdarkamtibmas Bhayangkara Daerah Aceh resmi dikukuhkan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, ACEH – Polda Aceh melalui Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) menggelar pengukuhan dan pelantikan Pengurus Kelompok Sadar (Pokdar) Kamtibmas Bhayangkara Provinsi Aceh.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Machdum Sakti lantai tiga Mapolda Aceh itu dihadiri oleh Wakapolda Aceh, Brigjen Pol Drs. Raden Purwadi, SH, Dirbinmas Kombes Pol. Muhammad Muslim Siregar, S.IK.

Turut hadir, Ketua Umum Pokdarkamtibmas Bhayangkara Nasional, Heru Riyadi, SH.,MH, Dewan Kehormatan Pokdar Kamtibmas Aceh Prof. Dr. Nazaruddin AW, M. A dan Ketua Senkom Daerah Aceh.

Penyerahan Bendera Pataka dari Ketua Umum Pokdarkamtimas Bhayangkara Nasional Heru Riyadi SH.,MH kepada Wakapolda Aceh Brigjen Pol Drs. Raden Purwadi, SH.

Pengukuhan Pokdarkamtibmas Aceh dilakukan oleh Wakapolda, diwarnai dengan pembacaan Skep, penandatanganan berita acara, penyerahan Pataka dari Ketum Pengurua Nasional kepada Wakapolda, kemudian diserahkan ke Ketua Daerah.

Wakapolda Aceh mengatakan, pembentukan Pokdarkamtibmas Bhayangkara dilatar belakangi oleh tugas-tugas Kepolisian.

Pembentukan Pokdar ini didasari dengan Surat Keputusan Kapolri No. Pol. : Skep/831/XI/2005 tanggal 25 November 2005 tentang pedoman pembentukan Pokdar Kamtibmas.

“Tugas pokok Pokdarkamtibmas sesuai kewajiban dan tanggung jawab sebagai bagian dari masyarakat dalam berbangsa dan bernegara antara lain mengamankan dirinya sendiri dan lingkungannya secara swakarsa, serta mampu mengajak masyarakat sekitarnya untuk turut serta dalam penyelenggaraan keamanan dengan berpedoman kepada sistem keamanan swakarsa (Siskamswakarsa),” ucap Wakapolda.

Penyerahan Bendera Pataka dari Wakapolda Aceh Brigjen Pol Drs. Raden Purwadi, SH. kepada Ketua Pokdarkamtimas Daerah Aceh

“Kemudian memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungannya dan mampu mengajak masyarakat sekitarnya untuk mentaati hukum dan perundang-undangan yang berlaku,” sambungnya.

Tugas Pokdarkamtibmas selanjutnya, memfasilitasi semua keluhan masyarakat sekitarnya yang berkaitan dengan masalah Kamtibmas serta menindaklanjuti penyelesaiannya melalui kerjasama Polri.

Selain itu Wakapolda juga berharap kepada Ketua dan para pengurus Aceh dapat menjalankan tugas dalam rangka sosialisasi kesadaran Kamtibmas, pencegahan karhutla.

“Saat ini diharapkan perannya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19,” harap Wakapolda.

Wakapolda Aceh Brigjen Pol Drs. Raden Purwadi, SH. saat memberikan sambutan

Sementara itu Ketum Pokdarkamtibmas Bhayangkara Nasional, Heru Riyadi mengatakan, pada hakekatnya organisasi ini adalah Mitra POLRI & PEMERINTAH.

Organisasi ini adalah salah satu ujung tombak fungsi pre-emptif kepolisian di masyarakat. Sedangkan POLRI sebagai organ Negara atau Pemerintah.

Seperti yang kita ketahui bahwa, jumlah anggota POLRI yang ada saat ini masih belum dapat mencapai jumlah yang ideal, sehingga diperlukan partisipasi dan peran aktif dari masyarakat.

“Keduanya harus bersatu membina masyarakat yang Baldatun Toyyibatun Wa Rabbun Ghafur, negri yang selaras antara kebaikan alam dan kebaikan perilaku penduduknya, negri yang penduduk nya subur dan makmur, namun tidak lupa untuk bersyukur,” kata Heru.

Ketua Umum Pokdarkamtimas Bhayangkara Nasional Heru Riyadi SH.,MH saat memberikan sambutan

Disamping itu, organisasi ini bertujuan meningkatkan kesadaran, kepatuhan hukum masyarakat, membangun atau menumbuhkan daya cegah tangkal terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas dilingkungan masing-masing.

“Sebagai pengemban fungsi Kepolisian terbatas harus berperan aktif untuk menciptakan Kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pintanya.

Ketum Nasional ini berharap, keberadaan organisasi Pokdarkamtibmas Bhayangkara ini dapat bersinergi membantu dalam menanggulangi segala bentuk gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polda Aceh.

“Saya selaku Ketua Umum menitipkan kepada Bapak Kapolda untuk membina pengurus dan anggota kami dari tingkat Daerah, Kabupaten/Kota, Kecamatan hingga ke Desa, agar dapat bermanfaat dalam turut berpartisipasi aktif membantu Pemerintah Daerah dalam memelihara Kamtibmas serta menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan tentram,” titipnya.

 

Sembari menitipkan, “Kepada Pengurus Daerah yang baru saja dilantik, saya ucapkan selamat bekerja, laksanakan apa yang menjadi komitmen dan tanggung jawab kita semua sesuai amanat AD/ART organisasi. Jaga nama baik institusi POLRI sebagai wujud pengabdian kita kepada negara,”

 

 

Humas/Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *