Pegawai Kementerian PUPR Raih Penghargaan ASN Teladan 2020

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Pegawai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dikukuhkan sebagai Top 3 Aparatur Sipil Negara (ASN) Teladan Tahun 2020. Penghargaan Kategori Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan diterima oleh Direktur Bina Penataan Bangunan Diana Kusumastuti, Ditjen Cipta Karya pada ajang Anugerah ASN 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Penghargaan kategori sama juga diterima oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat Charlie D Heatubun dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman. Ketiganya mendapatkan Piala Adhigana yang diserahkan oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo di Jakarta.

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu dari lima program prioritas pemerintah Kabinet Indonesia Maju. SDM unggul salah satunya berasal dari ASN sebagai pegawai sekaligus ujung tombak pembangunan di berbagai sektor serta menjadi agen perubahan untuk mewujudkan birokrasi kelas dunia yang dapat mengantarkan Indonesia bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

“Dalam alam kompetisi yang ketat ini, hanya birokrasi dan ASN yang bekerja secara inovatif yang mampu bersaing dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Anugerah ASN 2020 merupakan upaya untuk dapat menciptakan budaya kerja yang kompetitif di instansi Pemerintah, sehingga ASN dapat terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi agar menjadi SDM Indonesia yang unggul.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menilai Diana Kusumastuti merupakan sosok pegawai yang sangat tanggap dengan perintah dan program yang telah disusun. “Banyak sekali contoh-contoh tugas yang dilaksanakan dengan baik oleh Ibu Diana, bahkan hasilnya sangat luar biasa dan telah dirasakan oleh masyarakat. Saya sangat merekomendasikan Bu Diana untuk bisa menjadi salah satu peraih ASN Teladan 2020 ini” tutur Menteri Basuki.

Sebelum meraih Anugerah ASN Teladan 2020, Diana Kusumastuti telah mengikuti serangkaian tahapan seleksi selama kurang lebih 4 bulan meliputi seleksi administrasi, seleksi portfolio, verifikasi lapangan, dan tahapan wawancara. Diana terpilih sebagai Nomine PPT Teladan karena inovasi yang dilakukan selama Renovasi Masjid Istiqlal Jakartan dan Rehabilitasi Pasar Johar Kota Semarang dengan tetap melindungi bangunan cagar budaya.

Selanjutnya terlibat dalam perencanaan Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur dengan mencerminkan identitas bangsa, menjamin keberlanjutan, sosial ekonomi dan lingkungan serta mewujudkan smart city yang modern dan berstandar internasional. Diana Kusumastuti juga dinilai berhasil menyelesaikan pembangunan Rumah Sakit Darurat COVID-19 di Pulau Galang, Batam dengan waktu yang singkat dan tepat waktu.

Kemudian menyediakan RS Darurat COVID-19 di Kota Yogyakarta, Kabupaten Lamongan, dan Biak Numfor dengan inovasi Sandwich Panel Antibacterial yang terimplementasi di RS tersebut. Lalu juga telah menyelesaikan pembangunan 7 Pos Lintas Batas Negara dengan desain terpadu yang mengedepankan prinsip green building dan kearifan lokal.

Diana Kusumastuti menyampaikan ucap syukur atas penghargaan yang diterimanya. Menurut Diana, penghargaan yang didapat tidak lepas dari kerja keras pegawai di lingkungan Kementerian PUPR dan dukungan Pimpinan serta keluarga. “Ini merupakan suatu amanah yang sangat berat yang harus bisa kita jalankan dengan sungguh-sungguh. Karena tentu kedepan tuntutannya akan lebih berat lagi dalam menjalankan tugas sebagai ASN,” kata Diana.

Dalam penerimaan penghargaan, hadir mendampingi Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja, yang juga merupakan salah satu penerima penghargaan 10 Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan dalam Anugerah ASN 2020 ini.

 

 

 

(Red/Hms)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *