Buka FESA 2020, Kasau : Covid-19 jangan jadi penghalang cetak generasi unggul

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Tekad kuat untuk mewujudkan Indonesia maju tidak boleh surut, upaya mencetak sumber daya unggul tidak boleh berhenti. Pandemi Covid-19 justru menyadarkan kita pentingnya SDM yang tangguh serta mampu berfikir dan bertindak dengan cara-cara extraordinary, mampu beradaptasi dengan cepat sehingga bisa survive menghadapi kesulitan, tidak tertinggal, dan menang dalam persaingan.

Demikian pernyataan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, SE.,MPP, saat membuka Festival Edukasi Sekolah Angkasa (Fesa) 2020 secara virtual di Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (14/12/2020).

Kasau mengungkapkan Yasarini harus tetap tumbuh, berkarya, dan berbuat yang terbaik demi bangsa. Tentunya dengan cara-cara yang terukur dan aman, salah satunya dengan meningkatkan taraf pendidikan melalui sekolah-sekolah angkasa seperti terselenggaranya Angkasa Mathematic dan Science Olympiad (AMSO).

“Melalui peran Yasarini dan lewat Sekolah Angkasa, TNI Angkatan Udara juga turut membantu pemerintah dalam mewujudkan visi Indonesia Maju, melalui kualitas SDM generasi penerus yang unggul untuk masa depan bangsa,” jelas Kasau.

Kegiatan ini telah terlaksana sebanyak empat kali, yang berbeda dari tahun sebelumnya tahun ini dilakukan secara daring dengan mengusung tema “Sukses karakter, sukses prestasi”, diikuti oleh seluruh siswa sekolah Angkasa dari 54 sekolah di 19 cabang jajaran, baik SD, SMP, SMA, dan SMK.

Kegiatan AMSO ini meliputi, Perlombaan antar siswa, Apresiasi kepala sekolah dan guru inovatif, Pemilihan Ketua Cabang berdedikasi, serta Workshop Kepala Sekolah dan Guru.

Adapun kriteria AMSO yang dilombakan, untuk tingkat SD meliputi matematika dan IPA, tingkat SMP matematika, IPA, dan IPS, sedangkan untuk tingkat SMA jurusan IPA yaitu matematika dan fisika, jurusan IPS yaitu geografi dan ekonomi.

Para siswa yang mengikuti Amso ini telah melewati beberapa proses seleksi hingga mereka bisa mengikuti babak penyisihan yang hari ini dilaksanakan hingga nanti memasuki babak final.

Setelah melaksanakan pembukaan FESA 2020, diselenggarakan video conference kunjungan ke beberapa sekolah Angkasa yang menyelenggarakan AMSO 2020.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Yasarini Ny. Nanny Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Udara selaku Pembina Yasarini Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., dan Ketua Umum PIA Ardhya Garini selaku Wakil Ketua Umum Yasarini Ny. Inong Fadjar Prasetyo, Wakil Kepala Staf Angkatan Udara selaku Pengawas Yasarini Marsda TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H., M.D.S., dan Wakil Ketua Umum PIA Ardhya Garini selaku Ketua Harian Yasarini Ibu Ana Fahru Zaini.

Selain itu hadir juga Para asisten di lingkungan TNI AU beserta istri dan Kapuslaiklambangja beserta istri, Pembina dan Ketua Yasarini Perwakilan Koopsau I, Koopsau II, Koopsau III dan Kodiklatau, Para Pembina dan Ketua Yasarini Cabang Jajaran dan civitas Sekolah Angkasa seluruh Indonesia.

 

 

Red/Dispenau

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *