Pendemo rusuh di Pesisir Barat Lampung, Kapolres Lambar Tangkap Langsung Propokator

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pesisir Barat – Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Kabupaten Pesisir Barat diwarnai kericuhan. Sejumlah massa dari luar gedung memaksa masuk dan bertindak anarkistis Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Tingkat KPU Kabupaten Pesisir Barat, dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Barat Tahun 2020,(15/12/2020). Terjadi pengerahan masa pendukung dan masa rusuh anarkis yang dilakukan berjumlah sekitar 300 Orang.

Korlap/Orator masa Sdr. yudi dan Sdr. Andi Godam Asal masa Kecamatan Bangkunat, Kecamatan Pesisir Selatan, Kecamatan Ngambur, Kecamatan Pesisir Tengah, Kecamatan Way Krui, Kecamatan Karya Penggawa, Kecamatan Pesisir Utara. Rabu, (16/12).

Pada saat sidang di skorsing ishoma, Massa yang telah berada di sekitar lokasi GSG Selalaw Labuhan Jukung meminta sidang pleno untuk berbuat adil atas kecurangan yang terjadi didalam Pilkada Pesisir Barat.

Mediasi dilakukan oleh Kapolres Lampung Barat, Kabagops Polres Lambar dan Sat Binmas Polres Lampung Barat, menghimbau agar masa jangan berkerumun, pakai masker dan menjaga Protokol Kesehatan Covid 19, jangan sampai nanti setelah kegiatan Pleno ini jangan ada kita tertular Covid 19, menghimbau dan meminta masa tenang. Namun masa berbuat anarkis yang diawali cekcok mulut melempar kursi dan batu ke arah GSG Selalaw.

Tindakan tegas dilakukan oleh kapolres Lampung Barat bersama anggota Polres Lampung Barat, Anggota Kodim 0422 LB dan Bko Brimob Polda Lampung dengan memaksa mundur keluar dari wilayah GSG Selalaw.

Massa keluar dari wilayah GSG Selalaw sekitar Pukul 13.00 Wib. Hingga saat ini Anggota polres Lampung Barat masih melakukan sterilisasi di sekitar Area GSG Selalaw Labuhan Jukung

Pukul. 14.20 Wib, masa kembali berkumpul dan berorasi kembali di Jalan Pantai Wisata Labuhan Jukung depan GSG Selalaw Labuhan Jukung, dan dalam penyampaian Orasinya masa meminta agar dilaksanakan Pemilihan Ulang untuk Kecamatan Bangkunat dan Kecamatan Ngambur, karena banyak kecurangan, dan Money Politic, serta banyak pencoblosan surat suara secara sengaja, pencoblosan dilakukan dimana yang bersangkutan merantau dan tidak ada di Pesisir Barat, bahkan mencoblos surat suara dimana orangnya sudah meninggal dunia.

Pukul. 15.05 Wib, masa kembali berorasi agar pihak KPU dan Bawaslu bisa menemui masa sebentar untuk mendengarkan permintaan masa, atau perwakilan masa bisa masuk dan menemui Ketua KPU dan Ketua Bawaslu.

Pukul. 15.10 Wib, masa agak terus memaksa dan Kompi C Brimob Lampung Utara, menembakan Gas Air mata untuk membubarkan masa, masa bubar sebentar dan bertahan diujung Jalan Pantai Wisata Labuhan Jukung, dan meminta Pihak Keamanan tidak menembakkan Gas Air mata dan membiarkan masa berorasi didepan GSG Labuhan Jukung, kemudian Kapolres Lampung Barat dan Dandim 0422 Lampung Barat melakukan mediasi dengan masa. Kapolres Lampung Barat meminta masa untuk menjaga situasi Kamtibmas kondusif, tidak merusak pasilitas Negara dan tidak anarkis, dan masa berjanji tidak anarkis dan membiarkan pihak masa berorasi didepan GSG Labuhan Jukung. Kapolres Lampung Barat kemudian mengawal masa kembali berorasi didepan GSG Labuhan Jukung dengan pelaksanaannya tidak melakukan anarkis.

Pukul. 16.02 Wib, masa masih berkumpul dan berorasi didepan GSG Labuhan Jukung, dengan situasi tertib.

Pukul. 16.30 Wib, Orator masa mengajak masa yang sedang duduk untuk merapat, dan masa tiba – tiba ada yang berteriak lempar, dan dalam sekejap kaca gerbang GSG Labuhan jukung dilempar secara bersamaan oleh masa.

Personil mengamankan kurang lebih 5 Orang masa yang diduga melakukan Propakator dan Pelemparan Gerbang GSG Labuhan Jukung secara anarkis. Nama nama pelaku menyusul.

Pukul. 17.05 Wib, Sat Reskrim Polres Lampung Barat melakukan olah TKP dan pengumpulan barang – bukti.

Pukul. 17.25 Wib, Masa sudah bubar, Personil masih melakukan Pengamanan Pleno KPU disekitar GSG Labuhan Jukung Krui

Kerugian atau Kerusakan yang di alami Kaca gerbang GSG Pantai Labuhan Jukung Pecah dilempar batu oleh masa. Meja dan kursi diteras GSG Labuhan jukung acak – acakan dan berserakan.

Korban Jiwa, baik dari pihak masa dan Personil sampai saat ini belum ada/Nihil. Pengamanan dipimpin Oleh Kapolres Lampung Barat AKBP Rachmat Tri Haryadi, SIK.MH, Dandim 0422 Lampung Barat Letkol Czi Benni Setiawan, ST, didampingi Kabag Opd Polres Lampung Barat Kompol. Feri Anda Eka Putra, SH, Kasat Intelkam, Kasat Reskrim, Kasat Sabhara, Kasat Binmas, Kapolsek Pesisir Tengah.

 

 

 

 

Pewarta : Deni Andestia

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *