Polres Nunukan sukses amankan Pemilukada 2020

  • Whatsapp
Kompol Suwandi Kabag OP Polres Nunukan Polda Kaltara.

MITRAPOL.com, Nunukan Kaltara – Agenda Pemilukada di Kabupaten Nunukan Kaltara saat ini sudah dalam tahap proses penghitungan suara yang dilaksanakan oleh KPUD Nunukan.

Proses pelaksanaan Pemilukada di Kabupaten Nunukan itu sendiri berlangsung aman dan tertib.

Berikut wawancara khusus wartawan mitrapol.com, dengan Kepala Bagian Operasi Polres Nunukan Kompol Suwandi. Rabu (16/12/2020), di Kantor KPUD, Jalan Radio Nunukan Utara Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.

Mitrapol : Apa strategi yang dilakukan oleh Polres Nunukan bersama TNI dalam mengamankan Pilkada di Kaltara khususnya di Nunukan ?

Kompol Suwandi : Dalam pengamanan Pilkada ini, tidak terlepas dari peran serta masyarakat dengan aparat kepolisian dan TNI, kami mendapat dukungan dari masyarakat yang sadar akan pentingnya situasi yang aman dengan ikut berperan ambil bagian mengamankan daerahnya.

Kami sebagai pengendali operasi selalu mewanti-wanti kepada warga masyarakat untuk ikut berpartisipasi, ikut mendukung terciptanya situasi yang sejuk dan kondusif selama pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 ini.

 

Mitrapol : Langkah apa yang dilakukan Polres dengan petugas lainnya dalam mengamankan Pilkada ini ?

Kompol Suwandi : Dalam pengamanan ini, pihak kepolisian melakukan koordinasi dengan instansi terkait lainnya, karena ada keterkaitan.

Supaya kamtibmas di Kabupaten Nunukan tetap kondusif dan sejuk kami menggandeng seluruh instansi diantaranya, TNI dan Satpol PP dan Masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas di wilayah Kabupaten Nunukan ini.

Sementara untuk riak-riak pasti ada, namun kita masih bisa mengatasinya, dengan menggandeng seluruh stakeholder dan instansi lainnya, riak-riak Itu bisa kita tekan agar tidak timbul kepermukaan.

 

Mitrapol : Apa kendala dalam pengaman Pilkada.?

Kompol Suwandi : Kalau kendala, selama ini belum ada, bahkan hampir bisa dikatakan tidak ada, karena kita ya itu tadi yang pasti kita selalu bergandengan tangan dengan instansi terkait dengan TNI dengan Satpol PP atau mungkin satuan satuan pengamanan yang lainnya.

Semua itu tidak lepas dari peran masyarakat, kalau mungkin masyarakat membuat gaduh pasti juga Kabupaten ini jelas ada permasalahan, tapi Kalau masyarakat di Kabupaten Nunukan khususnya di Polda Kaltara ini kalau masyarakat sadar akan Pemilukada ini kita sama-sama memelihara dan menjaga merawat alhamdulillah kita bisa dilaksanakan dengan rasa situasi kondusif.

 

Mitrapol : Berapa jumlah personil yang diturunkan untuk pengamanan pilkada di Nunukan ?

Kompol Suwandi : Jumlah personil gabungan yang diturunkan untuk pengamanan di Nunukan, kita melibatkan kurang lebih sekitar 250 personel, dari POLRI-TNI, dan instansiasi samping lainnya.

Sementara pengamanan tambahan dari Brimob itu untuk menjaga agar tetap kondusif, bukan berarti terjadi permasalahan di Kabupaten ini, cuma itu rekomendasi dari Mabes Polri karena melihat Kalatara ini adalah Provinsi yang berbatasan dengan Negara tetangga Malaysia, jadi ditambahan Brimob dari Polda Aceh untuk mengantisipasi saja, pungkas Kompol Suwandi Kabag OP Polres Nunukan Polda Kaltara.

 

 

Pewarta : Yuspal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *