Tonggak Sejarah Dalam Peringati HUT Kepulauan Aru

  • Whatsapp

MITRAPOL.com. Kepulauan Aru – Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kepulauan Aru yang ke-17 di Lapangan Yos Soedarso Dobo. Jumat (18/12/2020). Merupakan peristiwa bersejarah, bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru dari Ujung Batugoyang sampai Warialau.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa Ulang Tahun Kabupaten Kepulauan Aru adalah momen tonggak sejarah bagi penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Kepulauan Aru, sehingga tanggal 18 desember 2003 ditetapkan sebagai hari lahir Kabupaten kepulauan Aru.

“Berkenaan dengan hal tersebut, patutlah kita senantiasa menyadari bahwa peringatan hari ulang tahun sesungguhnya bukanlah suatu selebrasi semata yang dilakukan dari tahun ketahun melainkan harus selalu ditempatkan sebagai sebuah energi positif yang mampu mendorong perbaikan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik (Good Governance) di bumi Jargaria Sarkwarisa,” ucapnya

Selain itu, tema peringatan hari ulang tahun kali ini yaitu “Menjaga Dan Membangun Jargaria Sarkwarisa Dalam Bingkai Orang Basudara Dan Membangun Kekuatan Memutuskan Mata Rantai Covid-19 Untuk Aru Yang Sehat, Damai, Sejahtera Dan Bersatu.

Hal ini mengandung makna dan memiliki pesan bahwa bencana non alam penyebaran covid-19 merupakan urusan kita bersama pemerintah masyarakat dan dunia usaha. Oleh karena itu, marilah kita jadikan peringatan hari jadi ke 17 Kabupaten Kepulauan Aru sebagai momentum menyatukan tekad dan langkah kita melawan covid-19 dengan dukungan dan doa serta energi seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru insya Allah kita dapat segera melewati dan bebas dari pandemi covid 19, Ungkapnya

Lanjut menurut Bupati, Hal ini menggambarkan situasi yang terjadi dan kondisi seperti apa yang kita harapkan ke depan bahwa Kabupaten Kepulauan Aru bersatu melawan covid-19. Itulah tema peringatan hari jadi ke-17 Kabupaten Kepulauan Aru tahun 2020 dan dengan sub tema “Hari ulang tahun Kabupaten Kepulauan Aru adalah wahana pemersatu untuk membangun Jargaria Sarkwarisa yang maju dan bermartabat,”

Peringatan hari jadi ke 17 Kabupaten Kepulauan Aru adalah juga merupakan peristiwa bersejarah bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru. Upacara ini sebagai ungkapan rasa syukur yang mendalam kepada Allah SWT Tuhan yang maha kuasa atas apa yang telah kita raih.

Hari jadi ke-17 Kabupaten Kepulauan Aru sebagai cermin sejauh mana jati diri negeri ini membawa eksistensi daerah kearah yang lebih maju sejalan dengan cita-cita para leluhur dan pelaku sejarah Kabupaten Kepulauan Aru,”

Makna yang terkandung di dalam hari jadi yang jatuh pada hari ini adalah bagaimana mengatakan kita kepada ajaran-ajaran kebaikan nilai keikhlasan makna perjuangan dan pengabdian, sebab setinggi apapun gelombang penghalang yang menghadang kita akan tetap melangkah untuk meraih cita-cita dan masyarakat yang sejahtera dalam semangat hidup Sita Kaka Walike Si Eka Tu.

“Hari jadi ini merupakan momentum untuk memupuk semangat kebersamaan dan persatuan, banyak kemajuan dan prestasi yang kita raih namun masih ada PR besar kita untuk memajukan negeri ini,” ungkapnya

Sebagai wujud kepatuhan kita terhadap protokol penanganan covid-19 maka pelaksanaan upacara kali ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya Walaupun demikian tidak mengurangi makna strategis dan nilai esensial yang terkandung dalam peringatan Hari bersejarah daerah kita ini.

Namun, sambung Bupati Gonga, juga peringatan hari jadi pada tahun ini terasa menjadi lebih istimewa dibanding tahun-tahun sebelumnya karena setidaknya ada beberapa makna yang dapat kita petik yaitu:

Pertama, sejarah peradaban umat manusia akan mencatat dengan tinta Emas peringatan. kali ini dilakukan dalam suasana keprihatinan yang mendalam karena mewabahnya virus covid19 segenap daya dan dana dikerahkan secara terintegrasi yang melibatkan lintas stakeholder guna mengendalikan penyebaran virus demi memberikan perlindungan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Kedua, Peringatan hari jadi ke – 17 Kabupaten Kepulauan Aru tahun 2020 ini merupakan tahun kelima periode pertama 2015-2021 kami sebagai bupati dan wakil bupati Kabupaten Kepulauan Aru tidak terasa sudah memasuki tahun kelima, kami memimpin pemerintahan di Kabupaten Kepulauan Aru

Oleh karena itu, Kerja keras yang masih menantang adalah mendorong Reformasi, tetapi juga Transformasi dan Akselerasi pembangunan sosial, ekonomi dan budaya di Kabupaten Kepulauan Aru yang lebih maju, modern dan bermartabat, sehingga menjamin pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup secara berkelanjutan.

Sejalan dengan itu untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan perlu penguatan sumber daya manusia untuk memperkuat keunggulan daya saing dalam menghadapi implementasi pasar ASEAN, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Tambahnya.

Saya menyampaikan terima kasih kepada TNI/POLRI, Para Babinsa, Polsek, serta para Penyelenggara PEMILU yang mana telah berkerja keras sehingga pelaksaan Pemilukada 2020 di kabupaten kepulauan Aru berlangaung aman, damai dan lancar. Ujarnya

 

 

 

Pewarta : F. Baun

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *