Pemanfaatan DD Tahun 2020, Pemdes Sukadana Jaya Lamtim bangun drainase sepanjang 1.050 meter

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pemerintah Pusat mengucurkan Dana Desa ke seluruh pemerintah desa diseluruh Indonesia.Tentu saja, kucuran dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ini, menjadi anugerah yang patut disyukuri karena dapat mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Namun, anugerah itu bisa saja berbalik menjadi musibah jika Dana Desa itu tidak dikelola sesuai dengan aturan ataupun disalahgunakan.Terkait hal tersebut,Pemerintah Desa ( Pemdes ) Sukadana Jaya Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur,pada tahun 2020 telah melaksanakan dan rampung.

Beni Afrizal selaku Kepala Desa Sukadana Jaya Lampung Timur mengungkapkan,bahwa penerapan dana desa telah dilaksanakan dalam bentuk pembangunan infrastruktur.

“Alokasi dana desa tahun 2020 sudah berlangsung yakni dalam pembangunan infrastruktur guna pembuatan drainase sepanjang 1.050 meter.Pembangunan drainase terbagi di dusun 3,dusun 4,dan dusun 7 Desa Sukadana Jaya yang dikelola oleh Tim pelaksana kegiatan (TPK) Mutiara Nike Pratiwi,” ungkap Beni Afrizal saat ditemui Mitrapol, Selasa ( 23/12/20) siang.

Selain itu,Beni Afrizal menjelaskan,manfaat dalam pembangunan drainase dan ia himbauan kepada TPK agar tetap menjaga hasil mutu dan kualitas dalam pembangunan yang menggunakan dana desa.

“Semua tahapan sudah di realisasikan sesuai petunjuk RAB dan gambar.Manfaat pembangunan drainase adalah sebagai sarana untuk memperlancar aliran air baik di musim kemarau, maupun di musim penghujan.Selain itu, untuk mencegah adanya luapan air ketika hujan.Masyarakat dapat melihat secara langsung bukti nyata pembangunan yang menggunakan dana desa.Kami juga menghimbau kepada Tim pelaksana kegiatan (TPK) untuk selalu mengutamakan mutu dan kualitas sesuai RAB.Tentu dalam hal ini telah ada dalam pembahasan APBDes agar selalu berkordinasi kepada pendamping lokal desa (PLD),” jelas Beni.

Sementara itu, Mutiara Nike Pratiwi selaku TPK menyatakan bahwa seluruh kegiatan menggunakan dana desa dalam pemberdayaan masyarakat telah susuai dilaksanakan.

“Semua pembangunan menggunakan anggaran dana desa sudah di monitoring oleh pihak kasi PMD dan Camat Sukadana beberapa waktu lalu.Tentu hasilnya ini nantinya akan dilanjutkan kepada dinas terkait.Hasilnya saat ini adalah sudah sesuai petunjuk dan arahan.Kedepan kami juga tetap selalu berkodinasi bersama PLD Ahmad Rifa’i serta Pendamping Desa (PD) Margareta Apriliani dalam pembangunan apapun demi kemajuan Desa Sukadana Jaya,” tutup Mutiara.

 

 

Pewarta : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *