Pemerintah diminta tambah fasilitas Protokol Kesehatan di Dermaga Kali Adem

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Menjelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, meski di tengah Pandemi Covid-19 yang belum berakhir, Obyek wisata Kepulauan Seribu masih memiliki daya tarik tersendiri.

Tercatat hingga Kamis (25/12), wisatawan yang akan berlibur menuju ke Kepulauan Seribu berjumlah 887 penumpang dengan menggunakan 12 Kapal PenumpangTradisional yang berangkat dari Kali Adem.

Dermaga Kali Adem, Muara Angke mejadi salah satu akses transportasi menuju Kepulauan Seribu bagi para wisatawan yang akan berlibur ke beberapa Pulau yang ada disana.

Berdasarkan data yang dihimpun dari PT.SSA, keberangkatan Kapal Tradisional pada Tanggal 25 Desember 2020, yaitu :
1. Km. Khayatullah tujuan Pulau Kelapa : 35 penumpang
2. Km. Pesona Alam tujuan Pulau Pari : 63 penumpang
3. Km. Diamond 21 tujuan Pulau Pari : 125 penumpang
4. Km. Miles 1 tujuan Pulau Harapan : 48 penumpang
5. Km. Hasbi Jaya tujuan Pulau Tidung : 81 penumpang
6. Km. Jelajah tujuan Pulau Pari : 80 penumpang
7. Km. Dolphin exp Pulau Pramuka : 114 penumpang
8. Km. MakmurJaya 11 tujuan Pulau Pramuka : 68 penumpang
9. Km. Miles II tujuan pulau Harapan : 92 penumpang
10. Km. Purbaya tujuan Pulau Harapan : 99 penumpang
11. Km. Cahaya Laut tujuan Pulau Tidung : 77 penumpang

Dari data yang ada, terlihat jelas ada penurunan jumlah penumpang yang disebabkan ketentuan pengurangan jumlah penumpang sebanyak 50%, dimasa Pandemi Covid-19 antusias Masyarakat yang ingin berlibur ke Kepulauan Seribu masih dalam batas stabil, Kepulauan Seribu masih menjadi Ikon wisata Masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Menurut salah satu penumpang yang ingin berangkat menuju Kepulauan Seribu mengatakan,”Fasilitas penerapan protokol kesehatan di Dermaga Kali Adem sudah cukup baik,” ujarnya.

Namun fasilitas pengecekan Rapid Tes Swab Antigen kalau perlu ditambah untuk dapat memaksimalkan pelayanan di Pelabuhan, katanya yang memboyong Anak dan istrinya berlibur ke Pulau Pari.

Sementara, menurut perwakilan pengelola Tiket Kapal Tradisional PT Samudera Sumber Arta (SSA), Murtado, kengatakan,”Tahun ini berbeda dengan Tahun sebelumnya, dimasa Pandemi ini jumlah penumpang mengalami penurunan, meski begitu antusias Masyarakat untuk berlibur ke Kepulauan Seribu masih cukup tinggi,” ujarnya.

Untuk fasilitas yang ada di Dermaga Kali Adem, kita bersama stackholder sudah mempersiapkan protokol kesehatan 3M, yaitu, Mencuci Tangan, Memakai Masker serta Jaga Jarak dalam proses Manifaces penumpang, tambahnya.

“Saya berharap dimasa pandemi seperti ini, Pemerintah dapat memberikan Bantuan tambahan fasilitas untuk kenyamanan dan keamanan para penumpang yang akan berkunjung ke Kepulauan Seribu dengan menggunakan Kapal Tradisional, seperti menyediakan Alat Tes Rapid Swab Antigen gratis bagi para penumpang sebelum berangkat berwisata,” tutup Murtado.

 

 

Pewarta : Semy

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *