Pimpin giat Apel Pam Nataru, Kapolres Kutim : Polri jamin keamanan pelaksanaan Natal dan Tahun Baru

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Sangatta Kutim – Kapolres Kutim AKBP Welly Djatmoko SH.,MH, menyampaikan Polri harus menjamin keamanan dan kenyamanan umat Kristiani saat melaksanakan ibadah Natal dan Tahun Baru .

Sambutan ini disampaikan dalam giat apel pengamanan Natal dan Tahun Baru (NATARU) 2020 yang diikuti oleh segenap anggota TNI/Polri dan instansi terkait yang dilaksanakan di halaman Makolantas Polres Kutim.

Kapolres juga meminta seluruh personel untuk meningkatkan pengawasan serta deteksi dini dengan melaksanakan patroli di rumah ibadah, serta menginstruksikan untuk melakukan sterilisasi di semua gereja sebelum dimulainya kegiatan ibadah. Salah satu langkah preventif atas kemungkinan kerawanan yang mungkin terjadi.

Jangan sampai kita lengah, Operasi Lilin Mahakam 2020 ini fokus sasarannya adalah pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Kita harus antisipasi penuh kemungkinan kerawanan ataupun potensi gangguan lainnya yang mungkin timbul dalam kegiatan ini,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu juga Kapolres meminta agar seluruh personel yang tergabung dalam giat pengamanan tersebut terus melaksanakan protokol kesehatan secara ketat, mengingat pengamanan Natal dan Tahun Baru kali ini berbeda dengan kegiatan serupa pada tahun sebelumnya, dimana pandemi Covid-19 belum merebak seperti saat ini.

Kabag Ops Polres Kutim Kompol Aris Cai juga menegaskan bahwa giat pengamanan Natal ini akan dilakukan sebelum dan pasca perayaan Natal dengan menyiagakan 250 personel dan mendirikan pos pengamanan dan pelayanan di beberapa titik yang telah ditentukan di Jalan Poros Sangatta seperti di Patung Burung dan Simpang 3 Pendidikan, serta di tempat-tempat wisata untuk mengantisipasi terjadinya kriminalitas dalam perayaan Natal dan Tahun Baru.

Lebih lanjut, Kompol Aris Cai juga mengatakan bahwa pos-pos pengamanan juga disiagakan di setiap Kecamatan dibawah kendali Kapolsek secara serentak untuk memberikan keamanan secara menyeluruh bagi masyatakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Ini adalah tanggung jawab kita semua untuk mengamankan perayaan Natal, khususnya di wilayah Kutim. Untuk itu kami mempersiapkan segala sesuatunya dengan seksama untuk menjaga kondusifitas dan keamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru seperti yang diinstruksikan oleh Kapolres Kutim,” tutupnya.

 

 

Pewarta : Heru

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *