Pokdar Kamtibmas Resort Garut, Gelar Silaturhami dengan Plt Kasat Binmas Polres Garut

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, JABAR – Kelompok Sadar Keamanan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Bhayangkara Resor Garut, menggelar silaturrahmi dengan Plt Kasat Binmas Polres sekaligus pelepasan kepada Kompol Dudu Gunawan SH, selaku Kasat Binmas lama yang pensiun pada, tanggal 1 Desember 2020 lalu. Acara dilaksanakan di kediaman salah satu pengurus Pokdarkamtibmas, di Kampung Batu Gede, Desa Sukamanah, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Sabtu (19/12/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kasat Binmas purna bhakti, Kompol (Purn) Dudu Gunawan SH, Plt Kasat Binmas Iptu Wien Christianingsih, Kanit Bintibmas Aipda Umar Taufik S Sos I, Ketua Pokdarkamtibmas Polres Garut, Igie N Rukmana S Kom, Wakil Ketua Setiyawan, Sekretaris N. Sajidin, Bendahara Nanang Koswara, Kabid Humas Tati Nuryati, Kabid Pemberdayaan Nunung Rohmaidah S.Pd serta perwakilan pengurus sektor Bayongbong, Cisurupan dan Pakenjeng.

Ketua Pokdarkamtibmas Polres Garut, Igie N Rukmana S. Kom, dalam prakata sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan dan kehadiran baik Kasat Binmas purna bhakti maupun Plt Kasat Binmas. Igie berharap silaturahmi yang digelar sekaligus guna mendapat wawasan dalam upaya memberikan kesadaran tentang pentingnya keamanan dan ketertiban didalam kehidupan bermasyarakat.

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami di jajaran pokdarkamtibmas dengan hadirnya beliau-beliau ini. Semoga dengan eratnya silaturrahmi, komunikasi dan koordinasi ini, fungsi Pokdarkamtibmas dalam membantu kinerja kepolisian, berjalan sebagaimana mestinya,” ujar Igie.

Diharapkan juga, kata Igie, dari satbinmas polres selalu memberikan bimbingan dan arahan kepada seluruh jajaran pokdarkamtibnas agar peranan sebagai kepanjangan tangan tugas kepolisian terutama situasi kamtibmas bisa dilaksanakan dan situasi di masing-masing wilayah agar tetap kondusif.

“Pokdarkamtibmas lahir dari rahim Polri, makanya kepada rekan-rekan Pokdarkamtibmas, saya pesankan jaga diri, jaga nama baik organisasi dan nama baik instisusi Polri. Kami siap 24 jam ikut mengawasi dan menjaga kondusifitas wilayah. Jajaran sudah dibekali standar operasional (SOP). Di antaranya, mampu mendeteksi sedini mungkin potensi gangguan wilayah dan mengecek kebenaran potensi itu sebelum disampaikan ke kepolisian,” tandasnya.

Igie juga menyampaikan ucapan selamat purna tugas kepada Kompol Dudu Gunawan SH, yang memasuki masa pensiunnya, yang ditandai dengan penyerahan cendramata tali kasih dari Pokdarkamtibmas kepada Kompol (Purn) Dudu Gunawan SH. Ketua Pokdarkamtibmas menuturkan siap memelihara terus kerjasama dengan Citra Bhayangkara untuk mengamankan agar wilayah di wilayah hukum Polres Garut. aman terkendali.

Kasat Binmas purna bhakti, Kompol (Purn) Dudu Gunawan, dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pengurus dan jajaran Pokdarkamtibmas mulai dari pengurus resor dan sektor. Karena kata Dudu, peranan pokdarkamtibmas selama ini telah berkontribusi baik untuk institusi Polri khususnya di Polres Garut.

“Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Polres Garut mempunyai tupoksi mengajak warga masyarakat mewujudkan kamtibmas yang kondusif bersama Polri. Diharapkan sepeninggalnya saya karena pensiun, pokdarkamtibmas tetap solid sesama pengurus, termasuk dengan unsur mitra Polri lainnya,” ungkap Dudu.

Dudu pun mengulas pengalaman masa tugasnya mulai menjadi anggota Polri, yang terkhusus masa tugas di wilayah hukum Polres Garut, yang sudah menjabat tiga kali Kapolsek yakni, Banjarwangi, Cisewu dan Pamulihan serta satu tahun terakhir selaku Kasat Binmas Polres sampai masuk masa pensiun.

Sementara itu, Plt Kasat Binmas Polres Garut, Iptu Wien Christianingsih SH, dalam sambutan sekaligus perkenalannya, sangat mengapresiasi keberadaan Pokdarkamtibmas. Karena menurut Iptu Wien, dengan jumlah anggota Polri dengan warga masyarakat itu, bisa dikatakan satu banding seribu. Makanya sambung Wien, Pokdarkamtibmas selaku kepanjangan tangan Polri, sangat membantu sekali kontribusinya.

Kasubbag Hukum Bag Sumda Polres Garut ini juga mengatakan, diharapkan kedepan Pokdar Kamtibmas Bhayangkara dapat bersinergi dengan pihak Polres Garut untuk mewujudkan Kamtibmas dengan menjunjung tinggi norma-norma hukum dan ketentuan yang berlaku dan sedapat mungkin hal-hal yang dapat diselesaikan melalui ruang musyawarah mufakat tidak ditingkatkan dalam proses hukum.

“Saya bangga kepada bapak dan ibu-ibu pengurus dan anggota Pokdarkamtibmas ini. Peranan mereka adalah selaku kepanjangan tangan dan membantu tugas kepolisian, terutama dalam menciptakan situasi kamtibmas. Peran Pokdarkamtibmas ini sangat penting kaitannya penyampaian informasi atas suatu kejadian atau indikasinya. Sehingga, penanganan oleh kepolisian juga bisa cepat dilakukan,” kata Plt Kasat Binmas Polres Garut.

Wien pun berharap kepada semua jajaran pokdarkamtibmas baik pengurus resor maupun sektor, selalu solid, koordinasi, komunikasi, agar khususnya masyarakat yang ada di wilayah hukum Polres Garut ada dalam aman, nyaman dan kondusif.
Tetap semangat dan terus mengabdi demi masyarakat Garut, sehingga kehadiran Pokdarkamtibmas dapat dirasakan ditengah-tengah masyarakat, pungkasnya.

 

 

 

Pewarta : Darvan Nainggolan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *