Jumpa PERS Akhir Tahun 2020 Polda Sumsel Beberkan Terobosan Baru

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, PALEMBANG, Irjen. Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, M.M diwakili Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, SIK, SH, MH didampingi Irwasda Polda Sumsel Kombes Pol Drs M Indra Gautama serta pejabat utama Polda Sumsel beserta jajaran terkait memimpin Kegiatan Jumpa PERS Akhir Tahun 2020 Polda Sumsel dengan mengedepankan protokol kesehatan di Gedung Promoter lantai 3 Polda Sumsel, Rabu, (30/12/2020).

Wakapolda Sumsel menyampaikan, “Pelaksanaan kegiatan ini merupakan kaleidoskop garis besar kegiatan Polda Sumsel”, Ungkapnya.

Di dalam kegiatan ini Wakapolda Sumsel menyampaikan amanat permintaan maaf Kapolda yang berhalangan hadir pada kesempatan ini.

Sesuai UUD 1945 Pasal 30 ayat (4) di jelaskan bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum.

Mengacu dari pada itu Wakapolda Sumsel memaparkan perkembangan tentang terobosan yang telah dilakukan pihak Polda Sumsel di antaranya Kamtibmas. “Sampai saat ini masih dalam situasi kondusif dan terkendali, disuatu tempat manapun yang namanya kejadian kejahatan itu pasti ada terjadi namun masih dalam konteks terkendali,”Ungkap Wakapolda.

“Berbagai terobosan yang juga telah di laksanakan pihak Polda Sumsel dalam satu tahun di tahun 2020 juga mencakup Tugas Pokok Penegakan Hukum, Bagaimana Polda melayani masyarakat, Penerapan dalam rencana kerja tahunan (Renja) yang mengacu kepada renja pusat, Penanggulangan Karhutlah, Mengawal agenda nasional seperti upah buruh dan sebagainya”, paparnya.

Ditambahkan Brigjen Pol Rudi,” Dalam pelaksanaan pengamanan Polda Sumsel juga memberangkatkan Brimob Polda Sumsel ke Papua, Termasuk Upaya Kapolda dan pihak Polda Sumsel dalam menyambut hari raya seperti Idul Fitri serta hari besar lainnya”, imbuhnya.

Dalam fungsi dan tugas pokok polri pihak Polda Sumsel juga telah berhasil dalam penanganan serta Penanggulangan narkoba. Tidak sedikit pengguna narkoba bersenjata. Seperti halnya beberapa waktu lalu kejadian di Muba.

Dalam penanggulangan dan tindak lanjut Karhutla bekerjasama dengan TNI serta stakeholder dalam pelaksanaannya. terobosan dengan adopsi program lancang kuning. Hal ini nyata dengan keberhasilan pihak Polda Sumsel menekan karhutla di 10 Kabupaten/Kota yang aman dari karhutla dibanding sebelumnya.

Pihak Polda Sumsel juga telah berhasil memproses perkara korupsi pengadaan tanah Taman Pemakaman Umum (TPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang bersumber dana dari APBD TA 2013 senilai Rp 6 miliar dari Polda Sumsel yang telah dilimpahkan ke KPK.

Kapolda Sumsel juga telah menciptakan terobosan beberapa program “Mang Pedeka” Mang merupakan sapaan akrab bagi warga kota Palembang. Wakapolda Sumsel menjelaskan salah satu program yang dimiliki Polda Sumsel yang bertajuk “Polisi Dulur Kito” atau dikenal dengan “Mang Pedeka”.Program ini, dimaksudkan bahwa polisi itu dulur dan kita semua ini dulur. Jadi, apabila kita ini dulur, hendaklah setiap permasalahan apapun diselesaikan secara baik-baik.

Program Pedeka Jero merupakan Program Pembinaan Personel Yang Berintegritas dan Bebas Narkoba “PeDeKa JERO” merupakan salah satu terobosan Kapolda Sumsel yang bertujuan untuk memberantas penyalahgunaan narkoba di lingkungan personel Polda Sumsel.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S, MM juga telah berhasil launching “Warung Mang Pedeka “Makan Gratis di Kelurahan Purwodadi, Jumat (18/07/2020). Warung mang pedeka (makan gratis) ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak oleh pandemi covid-19, seperti para ojek online, masyarakat yang di-PHK.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S, MM juga me-launching Aplikasi Mang Polisi Dulur Kito ” Pedeka Medis” dalam rangka program SDM Sehat Menuju SDM Unggul Berprestasi dan Inovasi bertempat di Rumah Sakit Bhayangkara Palembang, Jumat (16/10/2020)yang lalu. Ini merupakan upaya nyata dalam lingkungan Kepolisian Daerah Sumatera Selatan sehingga membuat sebuah terobosan kreatif yaitu Aplikasi Mang PDK Medis, guna percepatan untuk memberikan bantuan medis serta menguranfi terjadinya resiko serta totalitas personel yang mengalami sakit menahun.

Doa bersama dipimpin oleh mitra Penata I, H Darul Jalal SAg, MM dalam pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan setelah pembukaan.Sebelum penutup acara kegiatan press release jumpa pers akhir tahun 2020 Polda Sumatera Selatan wakapolda mewakili Kapolda Sumsel menyampaikan agar selalu mengedepankan protokol kesehatan. Brigjen Pol Rudi Setiawan, SIK, SH, MH njuga menegaskan pengawasan pada setiap anggota Polri dan ASN betapa pentingnya mengikuti protokol kesehatan.

Harapan-harapan:

1. Kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif dalam upaya mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif aktif dalam kegiatan pengamanan psejarah swakarsa terutama di lingkungan pemukiman dan lingkungan kerja masing-masing.

2. Mari kita tingkatkan kesadaran tertib dan patuh kepada hukum, serta mematuhi himbauan dari aparat dan pemerintah demi terciptanya situasi yang kondusif.

3. Kepada media massa, Mari kita membangun kontrol sosial yang positif terhadap kinerja polri khususnya Polda Sumatera Selatan. Sampaikanlah informasi kritik saran masukkan yang objektif dan bertanggung jawab sebagai solusi alternatif pemecahan masalah yang dihadapi.

4. Kepada seluruh personil jajaran Polda Sumatera Selatan saya perintahkan untuk:

A. senantiasa meningkatkan kinerja dan kemampuan dalam melaksanakan tugas, inovasi inovasi untuk menuju SDM yang unggul dalam menyongsong Era Revolusi Industri 4.0;

B. Selektif dalam melakukan aktivitas di media sosial (Medsos). Bijak dalam bermedsos tersebut tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat tetapi juga dalam organisasi/ institusi dalam melaksanakan tugas pelayanan Dan/Atau pengamanan.

Dipenghujung penyampaian wakapolda Sumsel memberikan ucapan “Selamat tahun baru 2021, semoga kita semua selalu sehat dan terhindar dari virus covid 19”, ucap Wakapolda.

Diharapkan kepada masyarakat Sumatera Selatan tetaplah mengedepankan protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M.

 

 

 

 

 

 

Pewarta : Fendi / Tim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *