Komjen Listyo Sigit Prabowo Sangat Tepat Menggantikan Jendral Pol. Idham Azis Sebagai Kapolri

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Pergantian Kapolri kian makin mendekat, sejauh ini ada beberapa nama calon Kapolri yang diprediksi menggantikan Jendral Pol. Idham Azis sebagai Kapolri.

Dari beberapa nama ada tiga Jendral polisi bintang 3 yang santer terdengar, salah satu diantaranya Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo yang digadang untuk menggantikan Jenderal Pol. Idham Azis yang bakal pensiun pada Februari 2021 mendatang.

Direktur Eksekutif Etos Indonesian Institute, Iskandarsyah berpendapat, siapa pun yang akan menggantikan Jenderal Idham Azis, adalah orang yang sudah mengerti karakter dan juga memiliki kenyamanan dengan presiden Jokowi.

“Sejauh ini saya melihat Pak Sigit punya portofolio dan track record yang sangat bagus sangat baik. Secara Integritas, Loyalitas beliau sudah teruji,” kata Iskandarsyah dalam diskusi virtual bertajuk “Sustainable Polri” yang diselenggarakan Jaringan Aktivis Muslim Indonesia (JAMMI). Rabu, (30/12/2020).

Dalam tanggapannya, Iskandarsyah membeberkan hasil catatan sejumlah nama yang masuk dalam bursa calon kapolri kali ini. Dirinya mengatakan ada 10 orang berpangkat Komjen dalam bursa calon Kapolri, 6 diantaranya bertugas di dalam internal Polri dan 4 diantaranya bertugas di luar Institusi Polri

“Itu menurut catatan kami 6 orang di antaranya bertugas di Internal dan 4 orang di luar antara lain di BNPT, BIN, BSSN,” jelas Iskandarsyah

Menurutnya, diantara nama-nama yang disebutkan memiliki kekuatan dan potensi yang baik dan unggul dalam memimpin institusi polri kedepannya. Namun, lanjutnya hal demikian tetap menjadi hak perogratif presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.

“Dalam hal ini saya melihat semua calon punya kekuatan dan punya potensi untuk memimpin Institusi Kepolisian, tapi kembali lagi sebenarnya ini hak progratif Presiden Jokowi. Presiden nyaman dengan siapa? Chemistry cocok dengan siapa? ”ungkap Iskandarsyah.

Lebih jauh Iskandarsyah menyatakan nama Listyo Sigit Prabowo meroket dikarenakan dirinya sejak lama mengawal presiden baik semasa menjabat Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta hingga menjadi RI 1. Namun demikian kata iskandar tergantung kenyamanan dan pilihan presiden Joko Widodo dalam memilih Kapolri menggantikan Idham Azis.

“Disisi yang lain banyak sekali publik membicarakan soal sosok Listyo Sigit Prabowo yang sudah sejak lama bersama Pak Presiden mulai dari Solo ke DKI-1 dan RI-1 jadi sebenarnya Pak Sigit yang lebih bertemu chemistry-nya dengan Pak Presiden” pungkas Iskandarsyah.

Iskandarsyah yakin, nama calon Kapolri yang telah di kantongi Jokowi ialah Komjen Listyo Sigit Prabowo. Jenderal bintang tiga itu, kata Iskandarsyah memiliki rekam jejak yang sangat baik selama mengabdi kepada negara terutama institusi Polri.

 

 

 

 

 

 

Pewarta : BS

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *