Resmob COKAIBA Polres Halteng Buntuti Pelarian Napi Rutan Kelas IIB Weda di Pulau Hiri

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Maluku Utara – Pelarian seorang Narapidana Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Weda, Halmahera Tengah (Halteng) berakhir di Dusun Faudu, Kecamatan Pulau Hiri Kota Ternate pada, Selasa (29/12/2020) pukul 05.25 wit.

Adalah Arfan Ruslan alias Apang (23). Pria kelahiran Sidangoli Halmahera Barat (Halbar) ini bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan ternama di Halteng.

Apang (Napi), merupakan tahanan di Rutan Weda dengan kasus ”Persetubuhan Anak Dibawa Umur”, hukuman 6 penjara.

Apang melarikan diri dari Rutan Weda dengan cara memanjat tembok Rutan Kelas IIB Weda. Petugas lapas yang kemudian mengetahui hal tersebut, langsung mendatangi Polres Halteng untuk meminta bantuan guna mencari Apang.

“Setelah mendapat laporan dari Karutan tentang adanya gangguan Kamtib di Rutan Weda, selanjutnya Karutan Weda Diperintahkan untuk melakukan Koordinasi lebih lanjut kepada Kapolres Halteng untuk dilakukan pengejaran,” kata Kadivpas Malut, Tri Wibowo.

Kapolres Halteng AKBP Nico A Setiawan, S.I.K, MM yang mendapat laporan itu, dirinya bersama Kabagops dan Kasat Reskrim langsung mengecek rutan kelas IIB Weda.

Koordinasi kemudian dilakukan bersama Ka Rutan, Supriyanto, AMd, IP, SH, MH dan disepakati untuk melakukan pengejaran terhadap pelaku.

Kapolres melalui Kasat Reskrim Polres Halteng, AKP ABD Halim Rangkuty, SH memerintahkan Tim Cokaiba untuk berkolaborasi dengan petugas Lapas Weda, dipimpin oleh Bripka A.S Kotta.

“Setelah kami dapat laporan dari Rutan Kelas IIB Weda, Team Cokaiba Resmob Halteng menerima perintah pencarian Narapidana yang kabur dari Rutan,” kata Kasat Reskrim.

Pada pukul 14.00 wit, Team Resmob Cokaiba bersama dengan anggota Rutan berangkat untuk menemui keluarga Apang (Napi) di Sidangoli Jailolo Selatan.

“Sampai disana Team Cokaiba juga berkordinasi dengan Kepolisian setempat. Akan tetapi target tidak berada di tempat,” cerita Kasat.

Pada hari selasa 29 Desembr 2020 pukul 10.00 wit, Team menerima info bahwa Napi tersebut berada di ternate. “TEAM langsung bergerak cepat mendatangi dimana lokasi yang di informasikan Sampai di Ternate, tapi lagi-lagi Napi sudah kabur. Team kemudian terus mencari tahu keberadan Napi,” terangnya.

“Pada pukul 20.30 wit Team menerima info bahwa napi berada di pulau Hiri, dusun Faudu , alhasil, team berhasil mengamankan Narapinana yang dimaksud (Arfan Ruslan) di rumah keluarganya,” tutur Kasat Reskrim Polres Halteng.

Saat Team Resmob Cokaiba Polres Halteng bersama pegawai Rutan Kelas IIB Weda mengamankan Narapidana, ia tidak melakukan perlawanan. Selanjutnya Kasat Reskrim dan Tim Resmob Cokaiba menyerahkan Napi dalam keadaan sehat. Situasi aman terkendali.

 

 

 

 

 

Pewarta : Sahwan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *