Pemkab Muba Targetkan Pengadaan Tanah Pembangunan Tol Tuntas 2021

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, KELUANG – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menargetkan program pengadaan tanah pembangunan Jalan Tol Betung (SP Sekayu) Tempino – Jambi selesai ditahun 2021.

Demikian dikatakan Bupati Muba Dr H Dodi Reza Alex Noerdin melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Apriyadi MSi dalam kegiatan Sosialisasi Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Tol Betung (SP Sekayu) Tempino – Jambi, yang melintasi wilayah Kecamatan Keluang dan Sungai Lilin, di Gedung Serbaguna Kecamatan Keluang, Selasa (5/1/2021).

“Target kita tahun 2021 ini urusan tanah sudah beres, dan diharapkan tahun 2021 ini juga bisa dilaksanakan pembangunannya,” ujar Sekda.

Apriyadi mengatakan Kabupaten Muba merupakan salah satu kabupaten yang paling panjang dilewati jalan tol Trans Sumatera yakni dengan luasan 1.106 Hektar, yang melintasi Kecamatan Babat Supat, Lais, Keluang, Sungai Lilin, Tungkal Jaya, dan Kecamatan Bayung Lencir.

“Jalan tol ini adalah program strategis Nasional dan juga strategis kita, karena akan terkoneksi dengan jalan kabupaten,” ucapnya.

lanjutnya, pembangunan jalan tol itu akan mempermudah keinginan Pemkab Muba untuk membangunan Kawasan Industri Hijau dengan luasnya lebih kurang 500 hektar.

“Kalau terealisasi ini akan berdampak sangat besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penyerapan tenaga kerja. Hubungannya dengan pembangunan tol, adalah untuk memperlancar akses serta operasional para pengusaha atau investor,” imbuhnya.

Oleh karena itu Sekda Muba mengajak semua elemen masyarakat mendukung proyek strategis nasional tersebut.

Dalam kesempatan yang sama Camat Keluang Debby Heryanto SSTP MSi melaporkan yang dilintasi pembangunan jalan tol Kecamatan Keluang ada 6 (enam) desa dan Sungai Lilin 2 (dua) desa.

“Kami dari pemerintah kecamatan sangat mendukung sekali adanya rencana pembangunan jalan tol yang melewati Keluang dan Sungai Lilin. Kita merupakan ujung tombak dalam proses pengadaan tanah dan kami akan selalu berusaha agar proses ini tidak ada kendala,” kata Debby.

Ia juga berharap berharap kepada para kepala desa dan tokoh masyarakat yang menghadiri sosialisasi tersebut dapat meneruskan apa yang disampaikan dalam sosialisasi itu kepada warga yang ada diwilayah masing-masing.

Turut hadir Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Muba H Yudi Herzandi SH MH, Kepala Bappeda Muba Drs Iskandar Syahrianto, Kadis PU PR Herman Mayori, Kadishub Muba H Pathi Ridwan, Ka DLH Andi Wijaya Busro, Plt Kadisbun Muba Ahmad Toyibir, PPK Jalan Tol Kementerian PU PR Bayumi, dan dari PT Hutama Karya Hasan.

 

Pewarta : Anto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *