Puluhan Tahun Tak Tersentuh Bantuan, Pengusaha kemplang berharap uluran Tangan Pemkab Lampung Timur

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Pengusaha makanan kerupuk kemplang ikan didusun II Desa Siraman Kecamatan Pekalongan Lampung Timur, hingga kini tidak pernah tersentuh bantuan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Timur.Padahal, usaha home industri itu, sudah digeluti sejak 27 tahun silam.

Hasan Acep (51), salah satu pengusaha kerupuk kemplang ikan turun temurun dari nenek moyang asalnya Pulau Bangka, mengatakan belum pernah menerima bantuan pemerintahan.

“Berdiri sejak tahun 1994 silam,hampir 27 tahun lebih telah memproduksi kerupuk kemplang ikan, Tentunya banyak pengalaman dari orang tua hingga menjadikan saya seperti ini. Modal sendiri, walaupun belum ada bantuan pemerintah.Apalagi disaat pandemi Covid-19 seperti saat ini.Tetapi saya tetap berusaha agara usaha keluarga ini tetap berjalan. Memang pernah ada pendataan dari pihak desa setempat,namun tidak ada kejelasan ,”ujar Hasan, kepada Mitrapol.com, Selasa (05/01/2021).

Hasan,mengakui kendala saat pandemi Covid -19 berdampak, walaupun tidak didukung pemerintah setempat.

” Hasil produksi perhari kerupuk kemplang panggang ikan merk Gajah duduk buatan kami bisa mencapai 2.000 bungkus perhari.Tetapi saat ini sedikit menurun sejak pandemi Covid-19, kendalanya adalah minat beli menurun.Sehingga terpaksa kami mengurangi jumlah pekerja dan distribusi agak terhambat.Mudahan – mudahan wabah Covid – 19 cepat berakhir,” akui Hasan.

Hasan menambahkan,keprihatinan atas masalah permodalan usaha dan tidak adanya bantuan dari pemerintah. Menjadikannya berjuang lebih keras di dalam pemasaran.

“Alhamdulillah, produk kami dapat bersaing dipasaran dengan sejenisnya. Selain enak terasa olahan ikan, juga harga jual murah Khusus pemasaran saya jalankan sendiri dan saat ini sudah masuk di Supermarket seluruh Provinsi Lampung hingga ke pulau Jawa khususnya Jabodetabek, Kami berharap pemerintah Kabupaten Lampung Timur khususnya Dinas Koperasi benar – benar tepat sasaran didalam menyalurkan bantuan. Agar yang benar – benar usaha dapat berjalan, Dampaknya positif kami bisa membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran,”tutup Hasan.

 

Pewarta : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *