Pemkab Kepulauan Aru akan Terima Vaksin Sinovac Covid-19 dari Pemprov Maluku

  • Whatsapp

MITRAPOL.com. Dobo – Dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Aru akan menerima vaksin Covid-19 dari pemerintah Provinsi Maluku.

Hal ini diungkapkan Kabag Humas dan Protokoler Setda, Erens Pieter M. Kalorbobir, S.STP, Selasa 5 Januari 2021 usai melaksanakan rapat terbatas (Ratas) Koordinasi bersama Pemerintah Provinsi Maluku secara virtual yang dilaksanakan diruang kerja Bupati.

“Tadi sore pak Bupati Johan Gonga Selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten bersama Kadis Kesehatan, Kadis Pendidikan, Kadis Perhubungan, Kepala BPBD, Kasatpol PP, BPJS Kesehatan baru selesai mengikuti rapat koordinasi terbatas bersama Satgas Penanganan Covid-19 Maluku terkait dengan pengadaan vaksin,” ucap Kabag Humpro Aru.

Lanjut dikatakan, dalam Ratas itu, Ketua Harian Satgas Covid-19 Maluku, Kasrul Selang yang juga sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku mengatakan bahwa vaksin Covid-19 yang telah ada merupakan tahap pertama dan akan difokuskan kepada tenaga kesehatan.

Untuk Kepulauan Aru, kata Kabag Humpro, ada beberapa persoalan yang harus dibenahi seperti fasilitas Cold Chain atau tempat penyimpanan vaksin, karena persyaratan penyimpanan vaksin itu 2 sampai 8 derajat celsius.

“Ini yang akan kami siapkan, karena di Aru belum memiliki fasilitas Cold Chain (Tempat penyimpanan vaksin). Yang pasti semua Kabupaten kota yang ada di Maluku semuanya kebagian vaksin Covid-19,” jelasnya.

Kalorbobir menjelaskan, Tahap pertama yang telah ada yakni dari Januari sampai April diperuntukkan untuk tenaga kesehatan, kemu­dian tahap selanjutnya untuk pelayan publik dan warga yang rentan.

Jadi sambungnya, semua petugas kesehatan di Kabupaten Kepulauan Aru akan di data terdahulu, kemudian di ma­sukan ke dalam sistem.

“Baru sebagian yang terdaftar dalam sistem. Untuk itu, tim akan bekerja untuk mendata sehingga tanggal 15 Januari besok sudah bisa mendapatkan vaksinasi dan akan dilaksanakan serentak secara Nasional pada tanggal 13 Januari,” ucap Kalorbobir.

Selain itu, Kabag Humpro juga menambahkan Penerima vaksin Covid-19 berdasarkan kelompok sasaran per Kabupaten dan untuk Kepulauan Aru yakni Pelayanan publik 6.411, Lansia (lanjut usia) 60 ke atas 5.642, Masyarakat rentan 23.375, serta Masyarakat dan pelaku Ekonomi 29.526, jadi semuanya berjumlah 65.656.

Sedangkan jumlah dan sasaran Vaksin Covid-19 kata Kabag Humpro Erens, tahap pertama untuk Kabupaten Kepulauan Aru berjumlah 889.

“Tadi juga Pa Sekda Maluku katakan bahwa: vaksin belum jalan saja HOAX sudah berjalan lebih cepat dan jauh, dan ini yang sementara beredar di masyarakat,” tutup Kalorbobir.

 

Pewarta : F Baun/Hms

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *