Ada Galian C ilegal di Liberia Timur Masih Beroperasi

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Boltim – Lagi-lagi galian C di wilayah Liberia kecamatan Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow timur disorot warga, ini tercermin dari pernyataan sejumlah aktifis dan tokoh pemuda yang meminta masalah tambang dan galian C diseriusi. “Ini harus menjadi perhatian yang serius oleh Pemkab melalui instansi terkait, sudah beberapa kali ini disuarakan masyarakat namun hingga kini tidak ada tindak lanjutnya

Kepada Mitrapol Senin 11/02/21 Ahmad Derek Ismail mengatakan bahwa hasil investigasi mereka, hampir semua tidak memiliki izin, olehnya ia meminta pihak Polres memanggil dan memeriksa pemilik Galian C tersebut.

“Kami minta Polres Boltim turun ke TKP dan memeriksa ijin dan kelangkapan dokumenya dan jika tidak ada ijin kami menyarankan untuk menindak para pemilik Galian C atas nama Budi,” ujar Derek.

Lanjut Derek, saat ini para pemilik tambang dan galian C di wilayah Boltim sudah tidak mematuhi aturan dalam menjalankan aktifitasnya. “Jika dibiarkan maka akan berdampak buruk bagi masyarakat, seperti tambang emas jika tidak dipantau aliran limbahnya maka berbahaya bagi warga begitu juga dengan galian C bisa menagkibatkan longsor jika tidak sesuai prosedur dalam melakukan pengerukan,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Badan Lingkungan Hidup Boltim Sukri Tawil ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa galian C yang ada di wilayah Liberia tidak mengantongi Izin dan pihaknya akan segera mengecek kembali.
“Benar galian C yang ada di Liberia tidak memiliki Izin,” katanya saat dikonfirmasi via telpon seluler.

Berdasarkan penelusuran Mitrapol di lapangan, ada juga inisial PS oknum Anggota Polisi yang memiliki Galian C dengan tidak memiliki Ijin resmi.

 

 

Pewarta : (Candra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *