Banyak Ikan Mati Disungai Ongkang Dumoga, Diduga akibat tercemar Limbah Mercuri

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Dumoga Sulut – Hampir 2 bulan terakhir ini, ikan di sungai Ongkag Dumoga mati karena diduga tercemar dengan limbah Mercuri yang bocor dari penampungan limbah tromol.

Hal ini sontak menuai protes masyarakat yang tiap harinya menggantungkan hidup mereka dengan menangkap ikan di pelataran Sungai Ongkag Dumoga. Seperti yang disampaikan warga masyarakat yang kesehariannya memancing Ikan di pinggiran sungai Nando Tongkad kepada Mitrapol Sabtu 09/01/21.

Menurut 2 bulan terakhir Ikan di Sungai Ongkag mendadak mati akibat sungai Ongkag tercemar dan diduga akibat adanya limbah Mercuri yang bocor dan mengalir ke Sungai Ongkag sehingga menyebar banyak Ikan yang mati.

“Banyak ikan yang mati dan kami menduga ada limbah tromol berjenis Mercuri mencemari aliran sungai Ongkag sehingga banyak ikan yang mati,” ujar Nando yang memiliki hobby memancing.

Hal yang sama juga disampingnya oleh Vitanti Bonde, Ia meminta agar pemerintah terutama pihak terkait dalam hal ini Badan Lingkungan Hidup (BLH) kabupaten Bolaang Mongondow agar tidak membiarkan kejain ini terus menerus terjadi, karena ini akan memberikan dampak buruk banyak Ikan yang mati.

“Pemerintah jangan cuek melihat pesoalan ini, karena akan memberikan dampak buruk bagi ekosistem yang ada di Sungai Ongkag,’ ujar Ibu satu anak ini yang gemar memancing.

Memang sudah 2 bulan terakhir ini sejak adanya limbah yang bocor dan mengalir di Sungai Ongkag banyak ikan mati dan berpengaruh pada pendapatan warga masyarakat yang menggantungkan hidupnya dengan mencari ikan.

Berdasarkan pantauan Mitrapol beberapa waktu lalu, banyak ikan mati karena di duga mencemari Sungai Ongkag Dumoga, dan meminta pihak terkait jangan tinggal diam dalam mencermati persoalan limbah Mercuri ini, Disisi lain Jumadi Saing pemerhati Lingkungan meminta pihak Kepolisian Polres Bolmong untuk bisa melakukan operasi penyisiran terkait dari mana limbah itu berawal sehinggaj bisa mencemari sungai Ongkag.
Kami minta Polres Bolmong mengadakan penyisiran akibat banyaknya Ikan sungai Ongkag yang mati.

“Kami minta Polres Bolmong janga.segan-segan melakukan Patroli di lokasi pengelolaan Tromol yang ada di bantaran sungai Ongkag Dumoga,” Kata Gusri.

Memang fakta di lapangan banyak masyarakat mengeluh dengan adanya kejadia. Ini, karena mereka menganggap ikan dan adalah tabunga besar buat anak cucu kita.

 

 

Pewarta : Candra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *