Gubernur Sulsel Resmikan Lima Ruas Jalan Beton di Kabupaten Wajo

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Wajo Sulsel — Lima ruas Jalan Beton di Empat kecamatan di Kabupaten Wajo berhasil dibangun dalam kurun waktu satu tahun. Jalan ini dibangun melalui dana transfer APBD tahun 2020 dari Pemerintah Provinsi Sulsel, sebesar Rp 29 miliar lebih.

Lima ruas jalan yang dibangun, antara lain, ruas jalan di Kecamatan Maniangpajo-Minangatellue sepanjang 2,28 kilometer, ruas jalan Rusa Kecamatan Tempe sepanjang 1.110 meter, ruas jalan Garuda di Kecamatan Tempe sepanjang 1.729 meter, ruas jalan Canru- Liu Kecamatan Sabbangparu sepanjang 1.350 meter, serta ruas jalan Liwa/Ujungkessi-Macero Kecamatan Tanasitolo-Belawa sepanjang 1.437 meter.

Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah, saat meresmikan proyek peningkatan lima ruas jalan yang dipusatkan di Desa Liu, Kecamatan Sabbangparu, pada Sabtu, 9 Januari 2021, menyebutkan, lima ruas jalan yang berhasil dikerjakan merupakan langkah kolaborasi yang baik antara Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, DPRD Provinsi dan Kabupaten serta Forkopimda.

“Lima ruas jalan yang sudah diselesaikan melalui bantuan keuangan daerah ini adalah wujud sinergi yang kita bangun. Bayangkan kalau provinsi dan kabupaten jalan sendiri-sendiri, kalau kita berkolaborasi memberikan kewenangan kepada Pak Bupati yang mana program prioritas, kita berbagi tugas yang mana dikerjakan kabupaten, yang mana dikerjakan provinsi, dan yang mana dikerjakan pusat,” ujar gubernur saat memberi sambutan kepada masyarakat Desa Liu.

Dalam kesempatan ini, Nurdin menyampaikan akan kembali menyalurkan dana bantuan keuangan daerah bagi Kabupaten Wajo sebagaimana yang telah dilaksanakan selama dua tahun.

“Tahun 2021 akan lebih besar lagi bantuan provinsi ke sini, nanti Pak Bupati sendiri yang mengumumkan apa yang akan dikerjakan karena ini adalah daerah otonom dan kewenangannya ada di Pak Bupati,” terang Nurdin.

Sementara Bupati Wajo, Amran Mahmud, menyebutkan, bantuan keuangan yang diberikan Pemprov dalam dua tahun berturut-turut hasilnya kini dapat dinikmati masyarakat. Di tahun 2017 bantuan keuangan daerah yang diterima wilayahnya dari Pemprov Sulsel berjumlah Rp 72 miliar. Sementara di tahun 2020 yang bertepatan dengan wabah pandemi Covid-19, Pemprov Sulsel tetap menyalurkan dana bantuan keuangan bagi Kabupaten Wajo senilai Rp 29 miliar lebih.

“Sudah dua tahun kami rasakan bagaimana support Bapak Gubernur, kami dibantu dengan berbagai program dari provinsi. Tahun 2019, bantuan senilai Rp 72 miliar dan di tahun 2020 walaupun dalam kondisi Covid, mungkin kita tidak berharap lagi, kecipratan anggaran Rp 29 miliar untuk mensupport lima ruas jalan beton,” jelasnya.

 

 

Pewarta : Ali Ghugunk/AdPim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *