Memperingati wafatnya pahlawan Betawi Muh Husni Tamrin, Bamus Betawi lakukan Ziarah ke makam Pahlawan Nasional

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Dalam rangka memperingati Khaul Tokoh Betawi, Bamus Betawi melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional sekaligus tokoh Betawi, Husni Tamrin di TPU makam pahlawan, Karet Bivak, Jakarta Pusat, Senin 11/01/2021.

Dalam ziarah ini, rombongan Bamus dipimpinan langsung oleh Ketua Majelis Adat Bamus Betawi, Nuri Tahir dan Ketua umum Bamus Betawi, Abraham “Lulung” Lunggana alias Haji Lulung.

Disela-sela ziarah, Haji Lulung mengungkapkan, bahwa ziarah ke makam pahlawan nasional dan tokoh Betawi Husni Tamrin ini merupakan rutinitas yang dilakukan tiap tahun saat mengenang wafatnya Tokoh Betawi Husni Tamrin atau yang disebut juga Khaul.

“Pelaksanaan ziarah ini kita lakukan setiap tahun untuk menumbuhkan semangat perjuangan pada generasi muda,” ujar Haji Lulung yang juga dikenal tokoh legendaris Tanah Abang.

Dia mengungkapkan, Husni Tamrin merupakan pahlawan nasional yang tercatat memiliki karir politik luar biasa era tahun 1919-1940.

Haji Lulung kemudian menjabarkan, sosok Husni Tamrin merupakan tokoh yang luar biasa dengan garis keturunannya. Sebab, memiliki keturunan yang istimewa, yakni kakek berasal dari Inggris dan ayah merupakan keturunan Jerman-Belanda. Sementara nenek dan ibunya merupakan asli anak Betawi.

“Karena jasa beliau, kami anak Betawi sangat menghormati dan menghargai beliau. Apalagi, beliau merupakan cikal bakal orang Betawi yang jadi pejuang, dan ini harus diteruskan oleh generasi muda Betawi di Jakarta,” beber anggota DPR RI terpilih dari PAN dapil III DKI Jakarta itu.

Ketua umum Bamus Betawi yang sah berdasarkan hasil Mubes 1-2 September 2018 dengan SK Menkumham N0.AHU-0004530.AH.01.07.Tahun 2019, Lulung Lunggana alias Haji Lulung tak lupa mengajak seluruh pihak khususnya Bamus Betawi untuk terus solid dalam menjaga marwah Betawi di Ibu Kota.

“Saya mengajak semua elemen Betawi guyub dan kompak jangan terpecah belah. Semua bertujuan untuk kemajuan orang Betawi di Jakarta,” seru Haji Lulung.

Sementara itu, Ketua Majelis Adat Bamus Betawi, Nuri Tahir berharap acara ziarah seperti ini bisa dilaksanakan terus-menerus.

Selain itu, Bamus juga diharapkan bisa menghadirkan pejabat di DKI, seperti gubernur atau pun Sekda. “Mudah-mudahan ke depan bisa dihadiri pejabat di Jakarta,” katanya.

Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *