Gubernur Sulsel dan Bupati Selayar Koordinasi Kolaborasi Program 2021

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Makassar, Pemprov Sulsel – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof HM Nurdin Abdullah dan Bupati Kepulauan Selayar, Muhammad Basli Ali, bertemu di Ruang Kerja Gubernur Sulsel, Selasa, 12 Januari 2021. Mereka membahas koordinasi kolaborasi program Pemprov Sulsel dan Pemkab Selayar untuk tahun ini.

Hadir juga Sekda Selayar Marjani Sultan, Ketua Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Ariady Arsyal dan Anggota TGUPP yang juga mantan Bupati Selayar, HM Akib Patta.

Nurdin mengatakan, Selayar adalah daerah yang sangat potensial, baik dari sisi potensi pariwisata maupun perikanan. Namun, dari kemampuan APBD tidak cukup untuk menyelesaikan berbagai kebutuhan masyarakat. Sehingga, membutuhkan kolaborasi dengan pemerintah provinsi.

“Kita berharap, kita pancing Selayar ini dengan membangun infrastruktur. Yang kedua, menghadirkan tenaga listrik, tidak lagi menggunakan genset. Kita berharap kabel bawah laut itu sudah bisa kita hubungkan di Selayar. Sehingga, ketersediaan listrik sangat memadai untuk pembangunan pariwisata,” kata Nurdin.

Selain itu, rencana pembukaan Kawasan Industri Perikanan Terpadu (KIPT) dan progres usulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Selayar, harus didorong.

“KEK juga akan kita dorong cepat. Yang inti, Selayar tidak bisa kita lihat sebelah mata. Tapi kita harus melihat bahwa Selayar ini potensi besar yang dimiliki oleh Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Sedangkan, Basli Ali menyampaikan kepada gubernur bahwa pelaksanaan Pilkada Selayar berjalan dengan lancar.

“Pelaksanaan Pilkada di Selayar dapat berjalan dengan lancar. Sampai hari ini tidak ada masalah, dan gugatan pun tidak ada. Dan, Insyaallah mungkin kalau tidak ada halangan, kami akan ditetapkan jadi bupati dan wakil bupati Selayar,” kata Basli.

Ia menyebutkan, dibawah kepemimpinan Nurdin Abdullah, banyak program yang dihadirkan di Selayar.

“Sekaligus menyampaikan beberapa harapan kami kepada Pak Gubernur terkait persoalan listrik, pengembangan penataan perkotaan di Selayar, juga persoalan perikanan,” paparnya.

Menurutnya, Nurdin sangat memberikan respon baik dalam menyelesaikan persoalan dan mendorong untuk segera melakukan rapat dan koordinasi dengan instansi teknis yang ada di Pemprov Sulsel. Di Selayar diharapkannya ada kawasan perikanan terpadu dan akan menjadi kewenangan pemerintah provinsi.

“Beliau akan membantu kami agar KIPT ini bisa dapat berjalan. Karena ini sebuah kawasan yang harus didesain dengan baik dan Pak Gubernur siap membantu agar KIPT ini bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Ia menambahkan, Pemprov juga akan membangun hotel di Selayar. Unsur kebudayaan Selayar akan dimasukkan dalam rancang dan desain bangunan.

“Hotel ini rencananya tahun ini, untuk mendukung KEK ini. Anggarannya itu Rp 20-30 miliar,” pungkasnya.

 

 

Pewarta : Ali Ghugunk/AdPim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *