Mantap.. !! Kelompok Tani “Mandiri” binaan Kodim 1710-Mimika mulai panen bersama buah Melon

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Tanaman milik Kelompok Tani “Mandiri” yang berlokasi di SP-4 Jalur 7 Mandiri Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua saat ini telah memasuki tahap panen. Hal ini tentu menjadi kado istimewa diawal tahun 2021 oleh Kodim 1710/Mimika. Untuk diketahui kelompok tani “Mandiri” merupakan binaan dari satuan Kodim 1710/Mimika, Papua.

Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf. Yoga Cahya Prasetya terlihat turut menghadiri panen bersama tanaman holtikultura jenis buah melon bertempat di Jalan Poros Poumako Sp-4 Jalur 7 Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua pada (4/01/21).

Dalam sambutanya menyambut panen bersama dilakukan, Letkol Yoga mengapresiasi dan memberikan dukungan penuh kepada masyarakat khusus kelompok tani “Mandiri” karena dianggap mampu berdiri secara mandiri untuk bertani ditengah sebaran wabah virus Corona atau Covid-19.

“TNI dan pemerintah daerah memiliki tugas pendampingan kepada para tani, khusus TNI akan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu para tani dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi melalui anggota Babinsa yang sudah dipercayakan,” kata Dandim 1710/Mimika.

Letkol Yoga juga mengakui bahwa saat ini para Tani di wilayah SP-4 Timika tengah mengalami kendala Debit Air yang masih tergolong tinggi akibat dari curah hujan.

“Untuk menormalisasi aliran air, Kodim 1710/Mimika akan berupaya melalui kegiatan karya bakti,” terangnya.

Dandim juga menambahkan, perlu adanya hubungan saling menguntungkan antara petani dan pengepul. Disinilah peran pendampingan yang dilakukan anggota Babinsa ynag ditempatkan yakni Koptu Jamal untuk menjembatani para petani dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Pertanian, sehingga bisa memberikan penyuluhan, sharing maupun kebutuhan pupuk bagi petani.

Ditempat yang sama, mewakili para Tani “Mandiri”, Ketua Kelompok Tani Mandiri Jaya bernama Untung mengapresiasi dan berterimakasih atas dukungan dan bimbingan terhadap kelompok tani yang dilakukan oleh anggota Kodim 1710-Mimika.

“Kami sangat berterimakasih kepada Bapak Dandim dan Anggota Kodim 1710 Mimika dan khusus Babinsa Koptu Jamal yang selalu mendampingi kami mulai dari pengolahan lahan, masa tanam sampai dengan panen dan juga sudah jadi jembatan antara kelompok Tani dengan Dinas Pertanian dalam pemberian penyuluhan maupun ketersediaan pupuk,” tandasnya.

 

Reporter : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *