Jayapura dan Mimika akan memulai vaksinasi Covid-19 di Papua. Ini jatah untuk Mimika

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Sebanyak 2.320 vaksin COVID-19 untuk tahap pertama tiba di Timika, Kabupaten Mimika, Papua pada Rabu, (13/01/21).

Jumlah tersebut merupakan jatah vaksin COVID-19 yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Papua.

“Kalau tidak ada halangan, tanggal 20 Januari mendatang akan kita lakukan kick of (faksinasi Covid-19-red) di timika,” kata Kadis Kesehatan Mimika, Reynold Ubra di Timika, Rabu, (13/01/21).

Ia menjelaskan bahwa Dinas Kesehatan Provinsi Papua telah menjadwalkan Kabupaten Mimika bersama dengan Kabupaten dan Kota Jayapura yang akan melakukan vaksinasi Covid-19 untuk pertama kali dan disusul Kabupaten lainya di wilayah Provinsi Papua.

“Informasi yang kami terima dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua bahwa Kabupaten Mimika adalah kabupaten pertama yang akan melakukan vaksinasi Covid-19 bersama dengan Kabupaten dan Kota Jayapura,” katanya.

Ia menuturkan bahwa berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) dari Kementerian Kesehatan RI bahwa ada dua tahap dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Tahap pertama dimulai bulan Januari hingga April 2021 dan tahap ke-dua yakni bulan Mei 2021 hingga Maret 2022.

Sementara itu, menurutnya Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika telah menetapkan sasaran orang dari berbagai profesi untuk divaksinasi Covid-19 diantaranya tenaga Kesehatan, petugas Pelayanan Publik, dan penduduk Lansia diatas Umur 59 tahun.

Untuk jumlah tenaga medis sendiri terverifikasi sebanyak 1.700 orang yang akan divaksinasi nantinya.

Sementara itu, jumlah fasilitas kesehatan yang disiapkan untuk tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sebanyak 21 Puskemas dan 4 Rumah Sakit ditambah dengan 31 Pos Pelayanan yang akan ditempatkan di berbagai titik nantinya.

“Faskes yang disiapkan untuk pelayanan vaksinasi COVID-19 memenuhi kriteria dari Kementerian Kesehatan. Yaitu memiliki tenaga kesehatan yang terlatih, memiliki cold chain atau rantai dingin dan memiliki surat ijin operasional serta teregistrsasi di Kemenkes,” terangnya.

Dirinya juga berharap agar pelaksanaan vaksinasi perdana nantinya dimulai dari Pimpina Daerah Kabupaten Mimika

“Kick off (vaksinasi Covid-19-red) pertama nanti kami berharap kepada salah satu pimpinan daerah. Atau Forkompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) juga lebih baik. Tetapi unsurnya adalah Pimpinan Daerah, tokoh Agama, Pemerintah, TNI-Polri, maupun Tokoh Masyarakat,” harapnya.

Khusus bagi masyarakat pengguna BPJS, bila ingin melakukan vaksinasi Covid-19 disarankan untuk mendatangi Puskesmas atau tempat pengobatan sesuai alamat yang tertera pada kartu BPJS.

Ia juga menjelaskan bahwa vaksinasi dilakukan untuk membangun kekebalan terhadap infeksi virus corona penyebab COVID-19.

“Masyarakat tidak perlu takut, tetap menerapkan protokol kesehatan terutama 3M (mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak),” tandasnya.

 

Reporter : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *