LP2KP minta Polda Sulut, usut 2 oknum anggota yang diduga bermain proyek emas ilegal di Talugon

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Boltim – Aktifitas penambangan emas ilegal di wilayah perkebunan Desa Buyandi Kecamatan Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, meski telah dipolice line sebagai mana diberitakan media, ini tetapi aktifitas PETI diwilayah tersebut terus berjalan

Hal tersebut diduga dilakukan oleh MS dan JM merupakan oknum anggota Polisi di Wilayah hukum Polres Boltim, kegiatan yang dilakukan ke dua oknum polisi tersebut.

 

Hal tersebut ditanggapi serius oleh Wakil Ketua Devisi Investigasi Lembaga Pemantau Pembangunan dan Kinerja Pemerintah (LP2KP) Ahmad Derek Ismail, kepada mitrapol Derek menjelaskan, perbuatan yang dilakukan ke dua oknum polisi sangatlah bertentangan dengan Undang – Undang nomor 32 tahun 2009 tentang lingkungan hidup dan juga Undang – Undang nomor 4 tahun 2009 pada pasal 158.

Untuk itu, kami mendesak agar kapolda sulawesi utara untuk segera mencopot kapolres Boltim, serta memproses secara tegas para pelaku PETI diwilayah perkebunan Desa Buyandi terlebih kepada kedua oknum anggota polisi MS dan JM.

Karena perbuatan yang dilakukan oleh mereka berdua selaku aparat penegak hukum, tidak mencerminkan etika apa yang seharusnya dilakukan oleh seorang polisi. dan sumpah TRIBARATA yang sudah di emban semasa pendidikan

Hal ini juga sejalan dengan Kode Etik Kepolisian yang terdapat dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Kepolisian Negara Republik Indonesia (“Perkapolri 14/2011”). Dalam Pasal 10 Perkapolri 14/2011, dikatakan bahwa setiap anggota polisi wajib:

a. menghormati harkat dan martabat manusia berdasarkan prinsip dasar hak asasi manusia;

b. menjunjung tinggi prinsip kesetaraan bagi setiap warga negara di hadapan hukum

 

Pewarta : CR07

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *