Bansos BPNT di Mesuji, E-warung tidak belanja sendiri semua terkondisi

  • Whatsapp
Joko Nuredi

MITRAPOL.com, Mesuji Lampung – Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di kabupaten Mesuji senilai Rp. 200.00 per keluarga penerima manfaat (KPM) melalui pihak ketiga sejak tahun 2020.

Hal tersebut katakan Joko Nuredi Kepala Bidang Pemberdayaan Penanggulangan Kemiskinan dan Kelembagaan Sosial Bantuan Jaminan. Senin (18/1/20).

Bedasarkan pedoman umum program sembako yang menyatakan bisa E-warung itu belanja sendiri walaupun tidak melalui suplayer (pihak ketiga) itu semua kita serahkan di E-warung masing-masing untuk belanja sembako sebesar Rp. 200.00 perbulan yang berupa beras 10 Kg, telor 1 karpet, buah 1 Kg, dan kacang hijau 1 Kg yang penting bantuan tersebut tetap waktu.

Saat disinggung program BPNT di tahun 2021 ini, Joko mengatakan kami belum mendapatkan tembusan siapa pihak ketiga untuk tahun ini, berdasarkan Pedumnya tidak ada perintah harus belanja ke pihak ketiga selagi E-warung itu mampu menyediakan barang sendiri. Untuk tahun sebelumnya memang benar melalui pihak ketiga semua bantuan tersebut E warung hanya ketempatan untuk ngambil bantuan, jelasnya .

Lanjutnya, apalagi itu program kementerian pusat, jadi bisa dipastikan kita tidak akan mau main mengenai bantuan tersebut, dan bantuan tersebut harus tepat sasaran ke penerima.

Pernyataan diatas berbeda dengan kenyataan yang ada, di lapangan E-warung malah terkesan harus nurut pada pihak ketiga yang diduga telah terkondisikan. Bahkan mirisnya lagi pihak E-warung diduga dirugikan atas keterlambatan pembayaran hingga puluhan juta rupiah.

Di tempat terpisah, Pendamping Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Tanjung Raya, Wiji, mengatakan, di Bulan pertama Januari ini untuk Kecamatan Tanjung Raya sudah di bagikan ke E-warung masing-masing setiap Desa, ucapnya kepada mitrapol.com.

Saat di singgung siapa penyuplai barang bantauan yang di serahkan ke masyarakat, Wiji tidak mengetahui,” tugas kami TKSK hanya pendamping dan pembinaan,” jawabnya.

 

 

Pewarta  : Adi M

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *