Gerak Cepat, Komisi III DPR RI Besok Akan Gelar Rapat Paripurna Penetapan Komjen Listyo Sebagai Kapolri

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Komisi III DPR RI langsung bergerak cepat setelah sepakat menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri. Komisi III langsung mengirim surat ke pimpinan DPR agar digelar rapat paripurna penetapan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri baru.

“Selanjutnya kami menunggu rapat paripurna untuk disetujui DPR dan Komisi III hari ini juga mengirimkan surat ke pimpinan DPR RI agar supaya secepat-cepatnya,” kata Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Komisi III juga menyetujui pemberhentian Jenderal Idham Azis dari jabatan Kapolri. Adies mengatakan mungkin besok rapat paripurna penetapan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri digelar.

“Mungkin besok untuk dilaksanakan paripurna persetujuan DPR dan segera dikirim ke Bapak Presiden untuk dilantik menjadi Kapolri yang baru pengganti Bapak Idham Azis,” ujar Adies.

Baca Juga: komisi-iii-dpr-setujui-listyo-sigit-prabowo-sebagai-kapolri

Seluruh fraksi sebelumnya membaca pandangan mini-fraksi saat rapat pleno Komisi III. Sembilan fraksi menyatakan setuju Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri.

Berikut ini fraksi yang menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri:

1. PDIP

2. Golkar

3. Gerindra

4. NasDem

5. PKB

6. Demokrat

7. PKS

8. PAN

9. PPP

Dalam rapat pandangan mini-fraksi di Komisi III ini, hadir Komjen Listyo Sigit Prabowo yang didampingi sejumlah jenderal dari berbagai angkatan. Saat membacakan persetujuan, sejumlah fraksi juga memberikan catatan kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Ketua Komisi III Herman Hery kemudian membacakan keputusan rapat. Komjen Listyo Sigit Prabowo disetujui menjadi Kapolri.

“Berdasarkan pandangan dan catatan fraksi, pimpinan dan anggota Komisi III secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri atas nama Jenderal Idham Azis dan menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri. Selanjutnya, ditetapkan dalam rapat paripurna terdekat dan akan diproses sesuai peraturan perundang-undangan,” kata Herman.

 

Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *