Kelabui Anggota, Oknum Ketua Kelompok Tani Mekar Abadi Desa Gunung Tiga gelapkan bantuan hewan ternak

  • Whatsapp

MITRAPOL.com Lampung Timur – Pada tahun 2017, Kelompok Tani Desa Gunung Tiga Batanghari Nuban Lampung Timur menerima bantuan 39 hewan ternak kambing dari Dinas Peternakan Peternakan Kabupaten Lampung Timur. Namun saat ini, bantuan tersebut seperti hilang tak berbekas dan tak jelas keberadaannya.

Hal tersebut diungkapkan, Suardi selaku Sekertaris Kelompok Tani Mekar Abadi kepada awak media, Kamis ( 21/01/2021).

Ia mengungkapkan,bahwa semua bantuan – bantuan telah dikelola sendiri ( Purwanto. red ) selaku Ketua tanpa memikirkan anggotam

” Seluruh bantuan herwan ternak kambing dari dinas Pertanian Lampung Timur sebanyak 39 terdiri dari 37 betina dan 2 jantan.Itupun dikelola sendiri oleh Purwanto,”ucap Suardi.

Suardi menambahkan,bahwa ada bantuan lainnya yang diterima oleh Kelompok Tani Mekar Abadi Desa Gunung Tiga Batanghari Nuban Lamtim.

“Pada tahun 2020 lalu,menerima bantuan sumur bor yang dibangun diatas lahan miliknya tanpa surat hibah Selain itu ada juga bantuan mesin sedot air, mesin handtracktor, mesin perontok jagung serta mesin cacah pakan ternak,” tambah Suardi.

Lainnya,Samudi selaku anggota Kelompok Tani Mekar Abadi Desa Gunung Tiga Batanghari Nuban,juga ikut membenarkan dan menerangkan persoalan tersebut, bahwa bantuan di kuasai secara sepihak tanpa kejelasan kepada anggota.

“Bantuan – bantuan dari dinas peternakan Kabupaten Lampung Timur,berupa hewan ternak kambing atau lainnya adalah juga milik anggota kelompok tani.Akan tetapi bantuan hewan ternak kambing sudah dijual semua oleh Purwanto.Adapun alasan ( Puwanto.red) menjual kami tidak tahu alasannya dan kemana uangnya,”terang Sumadi.

Sementara itu,Sastro Kadus 05 Desa Gunung Tiga,baru mengetahui pembuatan sumur bor adalah bantuan dinas Pertanian Lamtim bagi Kelompok Tani Mekar Abadi melalui medsos.

“Saya tahu ada bantuan pembuatan sumur bor itu dari dinas Pertanian Lampung Timur,melalui facebook.Selama setiap pengajuan bantuan warga di ajak musyawarah.Akan tetapi setelah disetujui bantuan itu,baik berupa dana atau barang, kami sudah tidak di ikutsertakan.Kalau tidak salah ada juga bantuan sumur bor dekat kandang kambing tidak ada surat hibah,”terang Sastro.

Satro juga menceritakan,bahwa Purwanto Ketua Kelompok Tani Mekar Abadi, pernah menerima bantuan dana mencapai puluhan juta rupiah.

“Ia juga (Purwanto. red) pernah menerima uang 50 juta, tetapi 30 juta berupa pupuk dan obat – obatan untuk keperluan dari kelompok tani.Akan tetapi sudah berbentuk barang yang sudah di belanjakan oleh pihak dinas Pertanian Lamtim,kita hanya menerima dana 20 juta untuk pembuatan kandang,”ujar Sastro.

Sampai berita ini di terbitkan,Purwanto selaku Ketua Kelompok Tani Mekar Abadi Desa Gunung Tiga Batanghari Nuban Lamtim,belum bisa memberikan tanggapan atas dugaan menjual ternak kambing bantuan dari pemerintah.Kedepan tim media juga akan meminta komentar salah satu LSM, jika memang ada unsur melanggar atau menyalahi aturan hukum.

 

Pewarta : Muktaridi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *