KOMPAK, bersama Tagana dan SKB lakukan penanaman 10 ribu pohon mangrove dipeisir pantai Carita

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Pandeglang – Kelompok Masyarakat Penggiat Konservasi (KOMPAK) desa Sukajadi bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Kampung Siaga Bencana (KSB) Lakukan kegiatan penanaman mangrove sejumlah 10 ribu pohon di sepanjang pesisir pantai wilayah kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang Banten, Jumat 22/01/21

Penanaman bibit pohon mangrove di area pantai dan sepanjang bibir sungai di Carita ini dilakukan Jumat direncanakan sampai tiga hari kedepan.”papar epul ke mitrapol.com saat dimintai keterangannya saat melakukan kegiatan.

Epul selaku ketua Kompak menjelaskan, penanaman bibit mangrove ini bertujuan untuk mencegah abrasi dan erosi di sepanjang muara sungai Carita.

Ini sangat perlu dilakukan kegiatan penanaman mangrove untuk penyelamatan alam dan keselamatan kemanusiaan,”terangnya.

Selain penyelamatan alam kedepannya kegiatan penanaman manggrove juga berpotensi menjadi daya tarik wisatawan dan pengembangan sumber daya alam.

“Karena ini merupakan suatu penciptaan destinasi wisata juga dan pengembangan sumber daya alam, dimana ini juga merupakan suatu sarana mitigasi bencana untuk memperkuat kondisi area pantai untuk tidak terjadinya abrasi,” papar Epul.

Kami berharap dengan adanya penanaman mangrove bisa bermanfaat bagi lingkungan, masyarakat dan juga wisatawan.

Ditempat yang sama Sandi salah satu penggiat menambahkan bahwa,bibit pohon mangrove yang sedang ditanam itu merupakan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos), yang didukung oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten.

“Sebetulnya gerakan penanaman pohon mangrove ini bagian dari upaya mitigasi bencana, khususnya bencana tsunami. Dan memang kebetulan dalam rangka HUT Tagana ke 17 tahun, yang dimana dengan tema”Menjaga Alam”

Sesuai harapan kita bersama gerakan penanaman pohon mangrove ini bagian dari upaya mitigasi bencana, khususnya bencana tsunami.

“Penanaman pohon Mangrove ini dilakukan oleh dari berbagai tempat pesisir pantai mulai 9 Januari hingga saat ini masih berproses penanaman,” ungkapnya.

Kami warga sukajadi melalui KOMPAK ini berterimakasih banyak terhadap TAGANA dan KSB yang ikut serta dan mendukung penuh penanaman mangrove ini,demi menjaga pelestarian alam pesisir pantai dan pengembangan destinasi wisatawan kedepannya dan mengajak masyarakat untuk tetap menjaga pelestarian pohon mangrove ini.”imbuhnya.

 

Pewarta : Royen Siregar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *