Mensesneg Terima Surat Persetujuan DPR, Terkait Pengangkatan Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Mensesneg Pratikno menerima surat persetujuan DPR terkait pemberhentian dan pengangkatan Kapolri. Berdasarkan surat tersebut, selanjutnya akan ditetapkan Keputusan Presiden tentang pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri.

Surat yang ditujukan kepada Presiden Republik Indonesia tersebut disampaikan langsung Sekretaris Jenderal DPR, Indra Iskandar, kepada Mensesneg di Kementerian Sekretariat Negara seperti dalam keterangan tertulis, Jumat (22/1/2021). Selain surat persetujuan soal pengangkatan Kapolri, DPR juga menyampaikan surat terkait Penyampaian Calon Anggota Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (Dewas LPI) dari unsur profesional.

Terkait pemberhentian dan pengangkatan Kapolri, Ketua DPR dalam suratnya menyebutkan rapat paripurna DPR RI pada 21 Januari 2021 telah menyetujui laporan Komisi III DPR RI. Laporan itu berisi pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

Adapun pelantikan Kapolri yang baru akan digelar sebelum masa tugas Kapolri Idham Azis berakhir pada akhir Januari 2021.

Diberitakan sebelumnya, DPR RI menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Persetujuan itu diambil dalam rapat paripurna DPR.

Persetujuan Komjen Sigit menjadi Kapolri diawali dengan pembacaan hasil fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan Komisi III DPR. Berdasarkan hasil fit and proper test, Komisi III menyetujui Komjen Sigit menjadi Kapolri.

“Komisi III menyadari dan menyadari bahwa kecakapan, integritas, dan kompetensi calon Kapolri merupakan persyaratan mutlak untuk menjadi Kapolri. Atas dasar itu, Komisi III DPR RI menyetujui untuk mengangkat calon Kapolri yang diusulkan Presiden RI,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni dalam rapat paripurna pengambilan keputusan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri digelar di gedung Nusantara II, kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (21/1).

 

Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *