Petugas Resort TNGHS Gunung Bedil Laksanakan Giat Patroli Tambang Emas Liar

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lebak Banten – Mengantispasi peningkatan kerusakan di hutan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Petugas Resort Gunung Bedil melakukan Patroli Ke lokasi penambang emas tanpa izin (PETI) Kamis, 21/1/2020.

Kepala Resort Gunung Bedil Sigit Wahyu Menyampaikan, sehubungan dengan semakin meningkatnya kerusakan lingkungan dan kawasan Hutan di Wilayah yang masuk dalam pengelolaan Resort Gunung Bedil TNGHS dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku didalam kawasan konservasi maka pihaknya menghimbau masyarakat khususnya pelaku kegiatan tanpa izin agar menghentikan kegiatan yang berdampak buruk bagi lingkungan.

“Kami akan terus berupaya menghentikan aktifitas para penambang Emas tanpa izin (PETI) dan tidak melakukan penebangan pohon serta mengambil kayu guna kebutuhan aktivitas tambang ilegal. Tindakan tersebut tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku UU No 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumberdaya Alam Ekosistemnya dan UU No 41 Tentang kehutanan,” tegas Sigit.

Dalam Giat Patroli tersebut Petugas Resort TNGHS berhasil menemukan beberapa tenda terpal tanpa penghuni tempat para penambang melakukan aktifitas. Petugas langsung membongkar tenda dan mengamankan sejumlah terpal kantor Resort TNGHS Gunung Bedil.

Sigit Berharap, masyarakat sadar dan peduli terhadap lingkungan dan tidak lagi melakukan kegiatan tambang liar yang sudah jelas merusak lingkungan kawasan TNGHS

“Kita harus bekerjasama mencegah dampak lingkungan, menjaga alam sekitar serta mengantisipasi dampak buruknya seperti bencana banjir, longsor, perubahan iklim dan lainnya, PETI jangan di jadikan mata pencaharin, faktor ekonomi bukan alasan cari lah mata pencaharian yang lain yang tidak merusak lingkungan Alam,”tutup Sigit.

Tragedi bencana longsor dan banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Lebak pada 1 januari tahun 2020 lalu semestinya menjadi pelajaran berharga betapa Keserakahan penambang dan pelaku usaha gurandil harus sadar bahwa aktifitas yang mereka jalankan mengundang malapetaka dan menabung kesengsaraan bagi anak cucunya nanti.

 

Pewarta : Ubay

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *