Tingkatkan Kondusifitas Kamtibmas, Satbinmas Polres Melawi Gelar Kegiatan Binkamsa

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Kalbar – Untuk meningkatkan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Melawi melaksanakan kegiatan Binkamsa (pembinaan keamanan swakarsa) di Desa Tanjung Niaga Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, Kamis (21/01/2021) malam.

Kegiatan ini dipimpin Kanit Binpolmas Aiptu MTL. Tobing, S. Sos beserta anggota Satbinmas Polres Melawi Bripka Ngadino, S.A.P dan Bripka Juliansyah.

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K melalui Kasat Binmas Iptu Haryono mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat melalui pengamanan swakarsa yang ada di Wilayah Hukum Polres Melawi.

“Sat Binmas dalam melaksanakan program pembinaan terhadap masyarakat bertujuan agar terpeliharanya kamtibmas dan terbangunnya kemitraan antara Polri dengan satuan pengamanan (satpam),” jelasnya.

“Selain itu, kegiatan ini intinya agar petugas pamswakarsa dalam melaksanakan tugasnya memahami etika dan moral, agar dalam pelaksanaan tugas tetap sesuai prosedur yang sudah ada dan meningkatkan nilai-nilai yang ada di tengah masyarakat terutama dalam bertugas,” ungkapnya.

“Saat kegiatan Binkamsa tadi disampaikan kepada seluruh Pamswakarsa dalam pelaksanaan tugas secara bergiliran melaksanakan patroli secara rutin pada jam-jam rawan terjadinya gangguan kamtibmas. Bila menemukan tindakan kejahatan, agar tidak main hakim sendiri serta selalu berkoordinasi dengan Kepolisian terdekat, agar dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat khususnya pada malam hari dapat terwujud,” tuturnya.

Kasat Binmas Iptu Haryono juga mengimbau seluruh Kepala Desa di Wilayah Hukum Polres Melawi untuk mengaktifkan kembali siskamling berupa Poskamling, untuk deteksi dini terhadap tamu guna menjamin keamanan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Selain menjaga kamtibmas, siskamling juga dapat melakukan deteksi dini terhadap pencegahan penyebaran Covid-19 ditengah pandemi saat ini dilingkungan masyarakat, Jadi peran Poskamling ditengah pandemi sangat diperlukan,” tuntasnya.

 

Pewarta : Oktavianus/Hms

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *