Penggunaan Dana Desa (DD) tidak transparan, Anggota BPD Didesa Wanasari, Alergi Wartawan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Muara wahau Kutim – Undang undang no 14 thn 2008 tentang KIP menegaskan, setiap badan pulik wajib membuka akses informasi kepada pulblik. Akan tetapi tidak dirasakan oleh warga masyarakat di Desa wanasari kec muara wahau. Kab Kutim. Senin 25/01/2021

Bahkan sebagian oknum anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD ) di desa Wanasari sp 1 kec Muara Wahau mengatakan , fungsi anggota BPD di desa seakan tidak ada fungsi alias dikebiri .

Hal ini dikarenakan segala keputusan dimonopoli oleh Ketua BPD dan nyaris tidak menerima /bermusyawarah dengan anggota BPD lainya. di kalangan warga mengatakan selama periode BPD 6 thn masa jabatan terakhir thn 2020 ini tidak terlihat fungsi pengawasanya .

Ini terbukti dengan kegiatan kegiatan Pembangunan yang menggunakan Dana yang bersumber dari APBN pengalokasian perencanaan kegiatan kerap berubah ubah tidak aspiratif.

Hal ini menarik perhatian dari awak Media Mitrapol.com sehingga melakukan penelusuran dilapangan pada dua kegiatan pembuatan drainase sepanjang 75m dan kegiatan pembuatan Talud/turap 75 m.

Menurut pekerja dilapangan kerja mereka dihitung borong dgn harga 150 rb/meter untuk Drainase dan 60 rb/m untuk Talud/turap oleh seorang anggota BPD dan TPK.

Sementara alat kerja terlihat salah satunya angkong/lori tua yang diketahui milik pekerja, Sedangkan alat alat kerja dan angkong yang masuk dalam anggaran belanjanya tidak terlihat, begitu juga Papan Kegiatan tidak terpasang

Pada saat ingin konfirmasi dengan pengawas yang juga anggota BPD di Kantor Desa terkesan arogan dan tidak transparan utk menjelaskan pertanyaan awak media malahan marah dengan berkata ” anda siapa tanya tanya.” Dengan Nada Tinggi

Sementara Kepala Desa hanya mengatakan, Biarkan dia bekerja jangan diganggu Kalau memang ada yang tidak sesuai dengan Spek silahkan Laporkan Polisi.” Cetus Kepala Desa

Begitu juga kegiatan pembuatan turap dijalan cumi cimi, warga merasa heran kenapa jalan sawah yang tidak ada rumah harus di turap , dimana urgensinya sedang jalan desa yang lain banyak yang butuh di perbaiki .

Saat ini Desa Wanasari sedang dalam tahapan seleksi anggota BPD utk tahun 2021-2026.

Semoga warga desa Wanasari lebih selektif memilih anggota BPD periode berikutnya , agar di periode thn 2021 -2026 BPD lebih propesionall dan pengawasan lebih ketat tidak asal tama tangan demi kemajuan Desa.

 

Tim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *