Realisasi Anggaran Dana Bos senilai 722,5 juta SMAN 1 Kibang Lampung Timur, Patut di Pertanyakan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Adanya anggaran dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang dikucurkan Pemerintah guna untuk meringankan beban orang tua murid dalam pembiayaan demi kelancaran proses belajar mengajar agar siswa mendapatkan pendidikan yang lebih maksimal.

Namun, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi dimasa pandemi Covid-19 terjadi penyimpangan/penyalahgunaan dalam perealisasian anggaran tersebut, baik secara langsung maupun tidak langsung yang dilakukan oleh oknum Kepala Sekolah yang nakal.

Salahsatunya, ada dugaan yang terjadi di SMAN 1 Kibang Lampung Timur.Berdasarkan informasi/data diperoleh dari pelaporan data online,bahwa anggaran dana BOS di tahun 2020 yang telah dicairkan dan digunakan oleh SMAN 1 Kibang Lampung Timur senilai Rp.722.550.000 diduga terjadi penyimpangan dan patut dipertanyakan.

Adapun perincian Anggaran dana BOS SMAN 1 Kibang Lampung Timur,sebagai berikut :

Pencairan Triwulan I siswa (491) Rp 220.950.000 digunakan untuk #Pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana sekolah,Kegiatan pembelajaran dan ekstrakulikuler,Layanan daya dan jasa.

Pencairan Triwulan II siswa (491) Rp 294.600.000 digunakan untuk Pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana sekolah,Kegiatan pembelajaran dan ekstrakulikuler,Layanan daya dan jasa,Penerimaan siswa baru.

Pencairan Triwulan III siswa (460) Rp 207.000.000 digunakan untuk Pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana sekolah,Kegiatan pembelajaran dan ekstrakulikuler,Layanan daya dan jasa, Penerimaan siswa baru.

Kemudian,pada saat tim media berkunjung ke SMAN 1 Kibang Lampung Timur,guna mengkonfirmasi terkait dugaan penyimpangan tersebut.

Namun sangat disayangkan,Tety Efently Daulay,S.Pd selaku Kepala SMAN 1 Kibang Lampung Timur,tidak bisa ditemui dikarenakan sedang rapat.

“Enggak tau, kegiatan apa kepala sekolah,tadi sedang ada rapat dengan dewan guru.Silahkan tunggu saja,”ujar Sucipto bagian staf TU bagian Keamanan sekolah,kepada tim media,Senin ( 25/01/21).

Melihat fakta yang ada, di SMAN 1 Kibang Lampung Timur sejumlah sarana dan prasarana sekolah masih seperti belum ada perawatan.

Hingga berita ini diterbitkan,Tety Efently Daulay,S.Pd selaku Kepala SMAN 1 Kibang Lampung Timur, belum bisa dinkonfirmasi.

 

Pewarta : Muktaridi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *