TNI-Polri di Mimika gandengan bantu pemulangan pengungsi teror KKB

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Gabungan TNI-POLRI melalui personil Kodim 1710/Mimika dan Polres Mimika bergandengan membantu pemulangan pengungsi warga tiga kampung di wilayah pegunungan Kabupaten Mimika, Papua yakni kampung Banti I,II dan Opitawak.

Sebelumnya, ribuan warga pegunungan Timika mengungsi ke Kota Timika akibat ketakutan dengan aksi teror penembakan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua di wilayahnya.

Tercatat hingga Senin, (25/01/21) sebanyak 144 orang terdiri dari 113 orang golongan dewasa dan 31 golongan anak-anak kembali diberangkatkan untuk sesi gelombang ke-tiga dengan menggunakan 3 Armada Bus milik PT. Freeport Indonesia (PTFI). Sebelum diberangkatkan para warga dilakukan pemeriksaan Rapid Test sebagai syarat ijin jalan.

Seluruh prosesi keberangkatan pemulangan warga pengungsi berpusat di Mapolres Mimika Jl. Agimuga Mile.32 Distrik Kuala Kencana Kab. Mimika.

Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf. Yoga Cahya Prasetya dalam keterangan persnya menyebutkan bahwa aparat gabungan TNI-POLRI akan terus berupaya mengawal proses pemulangan para pengungsi warga Banti I,II dan Opitawak hingga di kampung halamanya.

“Kami dari Kodim 1710/Mimika bersama Polres Mimika akan terus bersinergi dalam membantu pemulangan pengungsi sampai dengan selesai,” kata Letkol Yoga dalam keterangan pers, Senin, (25/01/21).

Dandim menegaskan, hal ini merupakan salah satu upaya dari aparat TNI/Polri dalam menjaga keamanan masyarakat di wilayah teritorial selain itu guna membantu tugas Pemerintah Daerah dalam memajukan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Mimika.

Reporter : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *