Serah Terima Tongkat Komando dan Panji Tribrata Resmi Berpindah ke Jendral Listyo Sigit

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Jakarta – Jenderal Idham Azis menyerahkan tongkat komando Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) kepada Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Serah terima tongkat komando dan Panji Tribrata sebagai penanda pucuk kepemimpinan Polri telah resmi berpindah kepada Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Upacara serah terima panji Polri digelar di ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (27/1/2021) pukul 13.00 WIB. Acara diawali dengan menyanyikan mars Polri.

Bacaan Lainnya

Acara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Para hadirin yang ada di sana terlihat mengenakan masker dan berbaris saling berjarak.

Setelah upacara serah-terima panji Polri, dilanjutkan dengan serah-terima Bhayangkari dan Yayasan Kemala Bhayangkari. Ketua yang lama, yakni istri Jenderal Idham Azis, Fitri Idham Azis, akan menyerahkan posisi Ketua Bhayangkari kepada istri Jenderal Listyo Sigit Probowo, Juliati Sapta Dewi Magdalena, selaku istri Kapolri baru.

Jenderal Idham Aziz mengucapkan selamat kepada Listyo yang menggantikannya sebagai Kapolri.

“Atas nama pribadi dan keluarga saya mengucapkan selamat kepada Bapak Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si beserta Ibu Juliati Sigit Prabowo,” kata Jenderal Idham Aziz.

Sebelumnya, Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik menjadi Kapolri. Jenderal Listyo Sigit Prabowo berkomitmen untuk menampilkan Polri yang tegas tetapi humanis.

“Hari ini secara resmi bapak presiden telah melantik saya menjadi Kapolri yang ke-25. Oleh karena itu, tentunya bagaimana telah kami sampaikan terkait dengan program yang ada di fit and proper, bagaimana ke depan kami berangkat dari potret Polri di mata masyarakat dan apa yang menjadi harapan masyarakat terhadap Polri tentunya bagaimana menampilkan Polri yang tegas dan humanis,” kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (27/1).

“Bagaimana menampilkan Polri yang mampu memberikan pelayanan publik yang baik, bagaimana kita memberikan pelayanan secara transparan dan bagaimana kita mampu memberikan penegakan hukum secara berkeadilan,” kata Sigit.
Langkah Jenderal Sigit menuju orang nomor satu Korps Bhayangkara terbilang mulus. Jenderal Sigit juga dibanjiri pujian saat menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di Senayan.
Sejak namanya diumumkan sebagai calon tunggal Kapolri pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jenderal Sigit tak jemawa. Sosok Jenderal yang dikenal kalem ini memilih mempersiapkan diri. Dia mengawalinya dengan bersilaturahmi kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat, sesepuh, para pimpinan partai, hingga para mantan Kapolri.

Menurut Jenderal Sigit, silaturahmi itu sangat penting. Lewat agenda tersebut, dia ingin mengetahui secara langsung seperti apa potret Polri di masyarakat dan apa harapan masyarakat ke depan terhadap Polri. Tak hanya masukan, kritik pun dia tampung demi perbaikan organisasi Polri ke depan.

 

Red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *