Tim COVID-19 diminta Sosialisasi pentingnya vaksinasi COVID-19

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Salah satu tokoh muda di Kabupaten Mimika, Papua, Ahmad Darji Difinubun menyarankan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika melalui tim COVID-19 agar didalam melakukan vaksinasi COVID-19 sebaiknya dibarengi dengan adanya sosialisasi dari pihak-pihak berkompeten untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya vaksinasi wabah virus Wuhan tersebut.

Hal ini Ia utarakan lantaran menurutnya, masyarakat di Kabupaten Mimika masih banyak yang belum percaya dengan adanya wabah virus Corona atau COVID-19. Bahkan kekinian warga ketakutan dengan hadirnya vaksin anti COVID-19 asal Tiongkok tersebut.

“Ada baiknya vaksin COVID-19 disosialisasikan tentang manfaat dan keamanannya kepada masyarakat, karena saat ini banyak warga yang belum mengerti dan malah ketakutan,” kata tokoh pemuda yang juga menjabat Kabid. Kesehatan di salah satu Ormas di Mimika yakni Forum Komunikasi Masyarakat Ning Vat Nim (FKMN).

Menurutnya, ketakutan warga terkait vaksin COVID-19 karena belum adanya pemahaman yang disampaikan oleh pihak-pihak terkait termasuk Pemerintah Daerah.

“Sosialisasi sangat diperlukan, selain soal mutu, manfaat dan keamanan, juga soal teknis pelaksanaan vaksinasi. karena, masyarakat perlu mendapatkan penjelasan yang rinci soal pemberian dosis vaksin dan waktu pemberiannya,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, pihak-pihak yang berkompeten seharusnya menjelaskan secara rinci terkait kegunaan vaksin COVID-19 dan waktu pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat.

“Perlu juga sosialisasi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Sehingga masyarakat tidak merasa cemas dan panik,” katanya.

Informasi tentang keberadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 seharusnya tersampaikan ke masyarakat secara transparan, cepat dan tepat.

Meski demikian, Ia menyatakan program vaksinasi COVID-19 perlu diikuti dan disupport oleh seluruh lapisan masyarakat, hal ini semata-mata demi menjaga diri dan memutus mata rantai wabah COVID-19 di Kabupaten Mimika.

“Masyarakat diharapkan untuk mendukung vaksinasi COVID-19. Selain itu tetap biasakan pola hidup sehat di era saat ini dengan menggunakan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak fisik),” tandasnya.

 

Reporter : AQM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *