Longsor Cicalengka, Tim SAR Sat Brimob Polda Jabar bantu masyarakat bersihkan jalan dari lumpur

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, JABAR – Hujan deras mengguyur wilayah Bandung hampir setiap hari. Dibeberapa daerah yang menjadi titik banjir, terjadi genangan Air, namun ketinggian air hanya sekitar 20-40 meter, dan jalanan yang tergenang masih bisa dilewati kendaraan baik roda dua ataupun roda empat, dan tidak sampai masuk ke pemukiman warga.

Selain itu ada juga tanah longsor didaerah Cicalengka, tepatnya Jl. H. Darham, Kampung Bangbarakan, Desa Cicalengka Kulon, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Meski tidak terlalu besar, longsor yang terjadi tersebut menimbun ruas Jalan Haji Darham Kampung Bangbarakan Desa Cicalengka Kulon Sehingga ruas jalan Haji Darham tertutup lumpur tanah kurang lebih sekitar 100 meter, dan mengakibatkan tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

Tim SAR Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Jabar yang mendapat kabar terjadinya longsor di Cicalengka tersebut, langsung meluncur kelokasi kejadian dengan membawa peralatan diantaranya cangkul, skop dan sebagainya.

Tim SAR Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Jabar dan Kompi 1 Batalyon A Pelopor, setiba dilokasi kejadian langsung bersama-sama masyarakat melakukan pembersihan jalan dari lumpur, dan juga menyingkirkan batu-batu dan rumpun bambu yang ikut tumbang ke jalan, Kamis ( 28/1/2021)

Setelah kurang lebih 1 jam bersama-sama dengan masyarakat membersihkan lumpur dari jalan, akhirnya lumpur tersebut bisa dibersihkan dan Jalan H. Darham kembali dapat dilalui oleh kendaraan baik roda dua ataupun roda empat.

Tidak ada korban jiwa saat kejadian tersebut , dan saat terjadinya longsor tidak ada kendaraan yang sedang lewat disana.

Dantim SAR menyampaikan, “Kita berusaha untuk membantu masyarakat, dan sudah menjadi tugas dan kewajiban kami sebagai Anggota Brimob untuk membantu dan melayani masyarakat”. Ungkapnya.

Dalam kesempatan lain Komandan Satuan Brimob Polda Jawa Barat Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menyampaikan “Kita harus selalu siap siaga mengahadapi terjadinya bencana alam, negara harus hadir saat terjadi bencana, semoga dengan kehadiran kita masyarakat merasa terbantu, dan kita selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik buat masyarakat seperti Moto Korp Brimob Polri Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan.” Ungkapnya.

Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menambahkan “kegiatan SAR ini merupakan salah satu bentuk Bakti Sat Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat”.

“Ini merupakan wujud Bhakti Sat Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Bandung, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan Masyarakat dalam penanganan Bencana‚Ä≥, tutup Kombes Pol. Yuri Karsono.

 

Pewarta : Hamdani

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *