Virtual Meeting, Sekda Provinsi Lampung hadiri peresmian pembangunan PLTS dan Ina-CORS Itera

  • Whatsapp
Karo Perekonomian, Provinsi Lampung, Elvira Umihani

MITRAPOL.com, Bandar Lampung – Sekretaris Daerah Provinsi Lampung yang diwakili oleh Karo Perekonomian, Elvira Umihani, menghadiri acara Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Stasiun Indonesia Continuous Operating Reference Station (Ina-CORS) Institut Teknologi Sumatera (ITERA), melalui Virtual Meeting, di Ruang Command Center Dinas Kominfo dan Statistik, Kamis (7/01).

Acara dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas ESDM, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Kepala Badan Informasi Geospasial Dasar, Wakil Rektor ITERA Bidang Akademik, Wakil Rektor ITERA Bidang non Akademik, Civitas Akademik ITERA dan Beberapa Perguruan Tinggi lainnya, Direktur PT. Wijaya Karya (WIKA), Direktur PT. Wijaya Karya Industri Energi (WINNER), Direktur PT. Surya Utama Nuansa (SUN).

Provinsi Lampung, sebagai bagian dari wilayah Negara Indonesia, memiliki potensi energi terbarukan yang melimpah, karena letaknya di sekitar garis Khatulistiwa.

“Data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Provinsi Lampung memiliki potensi energi terbarukan berupa Panas Bumi, Angin, Air, Arus Laut, Surya, dan Biomassa. Namun pemanfaatannya masih rendah sehingga diperlukan terobosan-terobosan dalam rangka pemanfaatannya.Saya mengapresiasi upaya Institut Teknologi Sumatera bekerjasama dengan beberapa pihak seperti PT. Wijaya Karya Industri Energi dan PT. Surya Utama Nuansa, dalam memanfaatkan tenaga surya.Ini merupakan salah satu potensi energi terbarukan, untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang mudah diimplementasikan,” ujar Elvira.

Selain PLTS, akan diresmikan juga Stasiun Ina-CORS (Indonesia Continuously Operating Reference Station) yang merupakan hasil Kerjasama ITERA dan Badan Informasi Geospasial (BIG).

“Sesuai dengan tujuan pembangunannya, saya berharap Stasiun Ina-CORS ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai tingkat kebutuhan mulai dari kebutuhan praktis hingga saintifik,” lanjut Elvira.

Dengan beberapa kegiatan pembangunan berupa PLTS dan Stasiun Ina-CORS, Elvira berharap dapat bersinergi dan mampu mendorong keberhasilan pembangunan di Provinsi Lampung serta Agenda Kerja Utama Pemerintah Provinsi Lampung sebagaimana tercantum dalam RPJMD Provinsi Lampung 2019-2024.

Terdapat 33 Janji Kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung yang tertuang di dalam Agenda Kerja Utama Pemerintah Provinsi Lampung. Salah satunya adalah “Lampung Terang Berjaya”.

Selain Program Lampung Terang Berjaya,Pemerintah Provinsi Lampung menetapkan pula Program Pembangunan lainnya, diantaranya Program Kartu Petani Berjaya.

Program Kartu Petani Berjaya dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan petani menuju kesejahteraan melalui upaya penyelesaian permasalahan secara terstruktur, sistematis dan terintegrasi melalui pemanfaatan sistem teknologi informasi.

“Dengan adanya Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Stasiun Ina-CORS di ITERA ini, saya berharap dapat mendukung keberhasilan Program Kartu Petani Berjaya yang merupakan salah satu Program Utama Pemerintah Provinsi Lampung melalui penyediaan berbagai teknologi informasi yang murah dan mudah digunakan atau diaplikasikan petani,” ucap Elvira.

Selain program-program Pemerintah Provinsi Lampung juga telah menetapkan Program “Smart Village” sebagai salah satu Agenda Kerja Utama untuk mewujudkan Misi ke-5 Program Pembangunan Provinsi Lampung yaitu mewujudkan Good Governance untuk meningkatkan kualitas dan pemerataan pelayanan publik.Dalam rangka mencapai keberhasilan pelaksanaan Program Smart Village tersebut, dibutuhkan perluasan akses energi ke seluruh pelosok desa yang ada di wilayah Provinsi Lampung.

Kehadiran Pembangkit Listrik Tenaga Surya di ITERA ini diharapkan dapat dikembangkan dan diperluas keberadaannya sehingga mudah diakses oleh masyarakat desa. Oleh karenanya, peran serta seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan hal ini sangat diperlukan.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan atas peran serta berbagai pihak, terutama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta pihak lain yang telah bekerja keras mewujudkan PLTS dan Stasiun Ina-CORS ini.Segala upaya yang dilaksanakan akan memberikan hasil baik bagi pelaksanaan program pembangunan di Provinsi Lampung khususnya, dan pembangunan Nasional,” tutup Elvira.

 

 

Pewarta : MM/red

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *