Ketua YKI Sulsel Lies F Nurdin Sambut Webinar Nasional di hari Kanker Sedunia

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Makassar, Pemprov Sulsel – Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sulawesi Selatan (Sulsel), Lies F Nurdin, mengikuti webinar nasional yang dirangkaikan dengan talkshow edukasi kanker, Selasa, 2 Februari 2021. Dalam webinar tersebut, Ketua Umum YKI Pusat, Aru Sudoyo, mengucapkan terima kasih kepada YKI Sulsel.

Aru Sudoyo mengungkapkan, webinar tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada 4 Februari. Sebelumnya, pada tahun 2020 puncak acara dilaksanakan di Padang, tahun 2019 di Makassar, dan 2018 di Semarang. Rencananya, tahun ini dilaksanakan di Yogyakarta.

“Terima kasih kepada YKI Sulsel yang sukses menyelenggarakan acara peringatan Hari Kanker Sedunia sebelumnya,” ujarnya.

 

Ia menuturkan, sekarang kita menghadapi masalah pandemi, yang menjadi tantangan bersama. Namun, ia yakin pandemi ini akan selesai, tetapi tidak dengan penyakit kanker dengan beragam masalah yang makin banyak.

“Momentum 4 Februari akan mengingatkan diri kita bahwa perjuangan kanker melawan kanker tidak hanya individu, tapi harus dilakukan bersama. Kita bisa melawan kanker. Kita melakukan berbagai upaya bersama agar masyarakat peduli terhadap kanker,” terangnya.

YKI kini memiliki 110 cabang di seluruh Indonesia. Bahkan, semua stakeholder turun tangan berupaya menekan angka kanker di Indonesia.

 

“Kanker ini dapat diatasi bila kita dapatkan pada stadium dini, bahkan bisa disembuhkan. Kita juga mengupayakan advokasi untuk mendapatkan pengobatan yang baik bagi penderita kanker,” ujarnya.

Sementara, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, mengapresiasi YKI dan jajaran yang meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap bahaya kanker. Ia berharap, semua mengambil peran dalam melakukan aksi. Sekecil apapun, akan sangat berarti dalam mengurangi kanker di Indonesia.

 

“Kanker bisa dicegah dengan perilaku hidup sehat. 3,7 juta jiwa dapat diselamatkan setiap tahun jika dilakukan deteksi dini. YKI sangat berperan membantu pemerintah dalam pencegahan dan pengendalian kanker,” ungkapnya.

Di Sulsel sendiri, Lies F Nurdin sebagai Ketua YKI sangat aktif mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya deteksi dini kanker. Ia juga menyediakan layanan kesehatan bagi pasien kanker di Kantor YKI Sulsel. Klinik yang terletak di Jalan Lanto Daeng Pasewang ini menyediakan fasilitas konseling bagi pengidap kanker, layanan deteksi dini kanker, apotek, laboratorium dengan suasana yang dirancang nyaman dan berkesan homey bagi para pasien kanker.

Lies Bersama Direktur BPJS Makassar Kota Makassar juga melaksanakan penandatanganan MoU dalam penyediaan obat-obat khusus kanker, agar bisa diperoleh pasien dengan bantuan BPJS.

 

Pewarta : Ali Ghugunk/AdPim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *