Seorang Pemimpin yang dicintai, Kepsek SMK N 1 Metro: Tinggalkan Kesan baik ketika pindah tugas

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Salah satu indikasi seorang pemimpin yang dicintai adalah dapat mengayomi bawahannya yakni melayani, menyayangi, membela, dan tidak berbuat zalim kepada bawahannya.

Selain kemampuan dalam melayani, seorang pemimpin harus memiliki kualitas di atas rata-rata dari bawahan yang dipimpinnya. Kualitas itu menyangkut dalam hal keyakinan (iman), kepribadian (integritas), dan keahlian memimpin atau skill of leadership.Kualitas tersebut harus menyatu dalam keseluruhan tindakan, sehingga kata sejalan dengan tindakan.

Prinsip itu sepertinya yang tertanam dalam diri Dwi Widyaningsih,seorang Kepala SMK N 1 Metro dalam memimpin bersama seluruh jajaran dewan guru.

“Jabatan adalah amanah dan amanah akan dimintai pertanggungjawaban. Jadi, pemimpin yang dibutuhkan adalah yang dapat melayani bukan yang minta dilayani, memberi keteladanan, sehingga dapat mengantarkan kepada suasana keramahan dalam kepemimpinannya,” ujarnya saat ditemui Jurnalis Mitrapol,Selasa ( 02/02/2021 ).

Melihat telah lama memimpin SMK N 1 Metro selama dua periode.Ada pesan – pesan khusus seorang Dwi Widyaningsih yang disampaikannya.

“Alhamdulillah dek, saya memimpin di sekolah ini sudah hampir tujuh tahun.Artinya sudah dua periode lamanya,biasanya sudah bersiap – siap.Target saya,adalah bagaimana saya meninggalkan sekolah ini ada kesan – kesan baik bagi semuanya.Terutama dalam kesejahteraan dan kemajuan sekolah ini,” jelasnya.

Di akhir perbincangan, ia menjabarkan tujuan akhir dari keberhasilan seorang pemimpin.

” Prestasi yang telah diraih oleh anak – anak didik kami adalah bukti juga keberhasilan dan kerja keras dari semuanya,termasuk dewan dan seluruh yang ada disekolah ini.Pada prinsipnya bagaimana kita bisa bersaing dengan sekolah lainnya melalui prestasi,pokoknya sesuai Moto ” SMK BISA”. tutupnya.

 

Pewarta : MM

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *