Tuntas 100%, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UKM-IKM Kaltara berhasil bangun Balai Latihan

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Sebatik Nunukan Kalimantan Utara – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UKM-IKM Provinsi Kalimantan Utara sukses dan berhasil membangun Balai Pelatihan UKM-IKM di wilayah Desa Balansiku, Kecamatan Sebatik Barat, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara yang dikerjakan oleh PT. Sumber Maju Sukses.

Pembangunan ini merupakan salah satu upaya Pemprov Kaltara, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop-UKM) untuk meningkatkan kapasitas para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan industri kecil menengah (IKM) di wilayah perbatasan Indonesia- Malaysia.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi UKM-IKM Provinsi  Kalimantan Utara Hartono SE.,M.Si, Balai Pelatihan ini nantinya akan dijadikan tempat pelatihan bagi para pelaku UMKM maupun IKM, sebagai pusat untuk mendidik dan membina para pelaku usaha Kecil dan Menegah, mereka bisa ikut pelatihan membatik, membuat kerajinan tangan, mengolah kuliner dan sebagainya, jelasnya.

Di Balai Latihan ini juga akan disiapkan fasilitas dan peralatan untuk pelaksanaan kegiatan pelatihan yang lengkap, ungkap Hartono.

Sementara, menurut Mandor PT.Sumber Maju Sukses Endy, mengatakan bahwa anggaran pembangunan Balai Pelatihan ini memakan anggaran sebesar Rp 4.418.853.613.75 dengan sumber Anggaran dari APBD Provinsi Kalimantan Utara.

Lanjutnya, dalam proses pembagunan ini banya kendala, namun semua bisa diatasi dan kordinasi dengan PPTK tuntas 95% dan 5 % syukur Alhamdulillah pengguna anggaran dan PPTK secara bijak memberikan penambahan waktu 15 hari untuk menuntaskanpembangunan Pisiknya hingga selesai 100%.

Endy Selaku selaku orang kepercayaan Akbar, Kontraktor Pelaksana mengatakan bahwa kendala yang patal dan tidak bisa ditolerir yakni faktor alam, yaitu curah hujan yangn cukup tinggi, tukang tidak bekerja kalau hujan, ujar Endy.

Dijelaskan juga, Agustian Arsyad selaku PPTK, sangat tegas, dalam 2 kali sebulan datang ke lokasi sekitar 10 hingga 12 kali berada di lokasi Proyek Pembangunan Balai Pelatihan UKK-IKM.

Selain itu tukang yang kami gunakan semua tukang pilihan yang sudah pengalaman dalam bidang kontruksi Cipta karya di Pulau Sebatik.

Tenaga kerja Mulai dari tukang hingga pembantu Sebanyak 28 kita perdayakan masyarakat lokal kami pilih lalu dikerjakan di gedung pelatihan.

Menurut Akbar Selaku kontraktor bahwa proyek pembangunan Gedung Pelatihan UKM/IKM memang lambat dikerjakan karena proses tendernya apalagi dilakukan pembersihan lahan baru dilakukan pembangunan pemasangan Pondasi apalagi kondisi di Sebatik sejak Juli, Agustus, dan September curah hujannya sangat tinggi, sehingga menjadu salah satu faktor penghambat proses pembangunannya, syukur Alhamdulillah ada penambahan waktu yang diberikan oleh pemerintah Provinsi hingga 15 Januari 2021 sehingga selesai dan tuntas 100%.

 

 

Pewarta : Yuspal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *