Warga Kwamki Narama Mimika terima suplemen Vitamin A perdana

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, Timika – Kesehatan merupakan investasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kontribusi yang besar untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia. Olehnya itu, sangat penting bagi pemerintah sebagai garda terdepan didalam menjaga kesehatan masyarakatnya sejak balita.

Pemerintah telah berkomitmen dengan menetapkan bulan Februari dan Agustus sebagai Bulan pemberian suplemen Vitamin A secara gratis. Terdapat dua jenis vitamin A diantaranya Kapsul Biru kepada bayi umur 6-11 bulan dan Kapsul Merah kepada anak berusia 6 sampai 59 bulan di Posyandu atau fasilitas kesehatan lainya.

Seperti halnya yang dilakukan di wilayah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Pantauan MITRAPOL di Posyandu Jeloa yang berlokasi di Kampung/Desa Amole, Distrik Kwamki Narama terlihat warga sekitar beramai-ramai menggendong anak dan mendatangi Posyandu Jeloa untuk menerima kapsul vitamin A dan obat cacing dari petugas kesehatan.

Sebelum vitamin A dan obat cacing diberikan secara merata, pihak Posyandu Jeloa menghadirkan para pejabat tinggi di wilayah setingkat Distrik Kwamki Narama untuk menyaksikan dan memberikan vitamin A secara simbolis kepada sejumlah balita dan bayi warga setempat.

Sebagai informasi, di Distrik Kwamki Narama, Timika tercatat pertama kalinya dilakukan pemberian kapsul Vitamin A sekaligus pemberian obat cacing karena alasan Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Sitkamtibmas).

Usai pemberian vitamin A dan obat cacing secara simbolis dilakukan, dr. Armin Ahyudi selaku kepala Puskemas Kwamki Narama mengatakan setelah Bulan Februari nantinya pihaknya akan melakukan sweeping untuk menyisir Balita dan Bayi yang belum menerima pencanangan suplemen vitamin A yang merupakan program pemerintah tersebut.

“Jadi program untuk bulan pencanangan vitamin A di tahun ini kita berikan vitamin A dirangkaikan dengan pemberian obat cacing,” kata dr. Armin kepada MITRAPOL, Kamis, (4/2/21).

Khusus pada acara pembukaan di Posyandu Jeloa, Kampung Amole. Ia sebutkan, sebanyak 101 bayi/balita yang menerima suplemen vitamin A. Terdiri dari 41 balita laki-laki dan 42 balita perempuan, kemudian 9 bayi laki-laki dan 9 bayi perempuan.

dr. Armin Ahyudi juga mengatakan, Puskemas Kwamki Narama secara keseluruhan memiliki 10 wilayah kerja di Distrik Kwamki Narama terdiri dari 1 kelurahan dan 9 Kampung.

“Kami juga sudah mengatur jadwal di sepuluh wilayah kerja kami di bulan februari. Kami akan melayani pemberian obat cacing di setiap posyandu dan puskemas kepada masyarakat,” terangnya.

Ia menambahkan, balita dan bayi yang berhalangan dihadirkan orang tuanya untuk menerima suplemen vitamin A saat ini, nantinya akan dilakukan sweeping atau penyisiran oleh petugas kesehatan pada bulan Maret mendatang.

“Kami akan mendatangi rumah-rumah bulan Maret nanti. Apabila masih ada balita dan bayi yang belum diberikan kapsul vitamin A pada saat itu juga kita berikan,” ujar dr. Ahyudi.

Dirinya mengimbau agar warga masyarakat Kwamki Narama untuk membawa Balita dan Bayi untuk diberikan suplemen vitamin A demi kesehatan dari anak itu sendiri.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kapsul vitamin A sangat berguna terutama untuk kesehatan mata dan pertumbuhan serta perkembangan bayi. Sehingga anak-anaknya kedepan menjadi generasi yang sehat dan unggul,” tandasnya .

Pemberian vitamin A perdana secara simbolis di Posyandu Jeloa turut dihadiri kepala Distrik Kwamki Narama, Bates Hence Suebu, Kepala Kampung Amole, Arodi Yolemal, Danpos Kwamki, Pelda Agussalim, Kasub Sektor Kwamki Narama, IPDA Bambang Triyatwoko, para Tokoh di wilayah sekitar.

 

Reporter : AQM

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *