Nasir Ganggai Apresiasi Langkah Dinkop Bolmong

  • Whatsapp

MITRAPOL.com, BOLMONG – Dinas Koperasi Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Diketahui menyurati KUD Perintis Tanoyan berkaitan belum dilaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2020.

Surat yang dilayangkan oleh Dinas Koperasi Bolmong tersebut tidak hanya ditujukan ke KUD Perintis saja, melainkan dinas koprasi juga telah menerbitkan surat kepada seluruh koperasi yang ada di 15 Kecamatan, untuk segera melaksanakan Rapat anggota tahunan (RAT). Apalagi, masih ratusan koperasi yang belum melaksanakan RAT.

Pada isi Surat yang ditujukan bagi pengawas dan anggota koperasi se Bolmong ini dengan nomor surat D.06/KOP-UKM/47/B/2021, bersifat penting, perihal pelaksanaan RAT tahun 2020, Terdiri dari empat poin yang wajib dilaksanakan pada RAT. Pertama, membuat laporan pertanggungjawaban pengurus kepada anggota tahun buku 2020. Kedua, membuat laporan pertanggungjawaban pengawas kepada anggota tahun buku 2020. Ketiga, membuat program kerja dan rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi tahun 2021 dan keempat, pelaksanaan RAT tahun buku 2020 bagi koperasi primer paling lambat 31 Maret 2021 dan untuk koperasi sekunder paling lambat 30 Juni 2021.

foto: Nasir ganggai

RAT atau singkatan dari Rapat Anggota Tahunan merupakan agenda wajib setiap badan usaha koperasi, karena di dalamnya akan dibahas tentang pertanggunjawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada anggota koperasi yang bersangkutan. Rapat Anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi didalam pengambilan keputusan di koperasi, sebagai pelaksanaan prinsip demokrasi, transparansi dan akuntabilitas dalam tata kelola koperasi. Semakin banyak anggota yang terlibat maka akan semakin baik dan dapat menghasilkan keputusan sesuai dengan kebutuhan anggota koperasi.

“Untuk di Kecamatan Lolayan Koperasi Unit Desa (KUD) Perintis Tanoyan, juga telah dikirimi surat oleh Dinas Koperasi Bolmong agar segera melaksanakan RAT,” Beber Sunber pada awak media, Minggu (07/02/21).

Menyikapi hal itu, Anggota KUD Perintis, Abdul Nasir Ganggai, memberikan apresiasi kepada Dinas Koperasi dalam hal ini pemerintah Bolmong yang telah mengirimkan surat untuk pelaksanaan RAT.

Menurut Nasir, RAT adalah agenda wajib yang harus dilakukan oleh koperasi. kami sangat salut dan memberikan apresiasi kepada dinas koperasi bolaang mongondow yang masih memberikan kesempatan kepada KUD perintis untuk melaksanakan RAT,” Ucap Nasir Ganggai.

Lebih lanjut Kata Nasir Ganggai, dirinya berharap, pelaksanaan RAT KUD Perintis tidak lagi tertunda karena ada beberapa program dan pertanggungjawaban yang harus disampaikan kepada semua anggota koperasi melalui forum RAT nantinya.

“Harapan saya tidak tertunda lagi. Karena banyak hal yang perlu dibahas di RAT menyangkut masa depan koperasi dan program kerja kedepan,” Pintahnya.

Dilansir pada media online Kronitoday.com Humas KUD Perintis Abdul Bahri Kobandaha, membenarkan adanya surat dari Dinas Koperasi Bolmong terkait pelaksanaan RAT tahun buku 2020.

“Ya, surat dari dinas koperasi telah diterimav pengurus dan akan segera ditindaklanjuti pelaksanaan RAT,” Pungkas Humas KUD Perintis Abdul Bahri Kobandaha.

 

Pewarta : (Chandra)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *